Tips Mengelola Keuangan Di Usia Mudah

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Saat memasuki umur 20-an tahun, pasti mulai terlintas dibenak kita bagaimana mengelolah keuangan dengan benar. Pada usia ini kita mulai dihadapi dengan banyak peristiwa, salah satunya mulai memikirkan pekerjaan agar memiliki pendapatan sendiri dan tidak bergantung kepada orang tua.

Mulai belajar mengelola keuangan itu sangat penting, karena jika tidak dibiasakan dari sekarang maka biasanya kita akan cenderung menghabiskan penasukan atau malah merasa kekurangan uang setiap bulannya.

Maka dari itu, kita diharuskan mulai melek dalam mengelola keuangan peribadi sejak masih mudah, sehingga diri menjadi terbiasa mengatur keuangan dengan baik.

Berikut ini Rizensia bagikan tips mengelola keuangan bagi Anda yang berusia 20-an tahun.

Membuat perencanaan anggaran setiap bulannya

Memulai merencanakan anggaran keuangan setiap bulannya meskipun memiliki manfaat besar, dengan memiliki perencanaan anggaran yang benar kita akan dituntut membuat anggaran pengeluaran serealistis mungkin. Kemudian, anggaran yang pengeluaran yang kita buat harus diikuti dengan sikap disiplin sehingga anggaran perencanaan yang kita susun tidak sia-sia

Membedakan antara kebutuhan prioritas dengan keinginan nafsu.

Terkadang kita susah dalam membedakan antara kebutuhan prioritas dengan keinginan nafsu, sehingga secara tak sadar membeli barang atau lainnya hanya karena keinginan nafsu.

Salah satu contohnya, membeli barang yang tak tercatat di kebutuhan prioritas anggaran bulanan kita, karena keinginan nafsu membuat kita membelinya.

Pada fase ini, kita dituntut untuk membiasakan membeli sesuai dengan anggaran yang telah kita tentukan saat perencanaan keuangan. Dengan begitu menekan kita bersikap hidup yang konsumtif.

Usahakan untuk tidak berutang

Bagi kamu yang sudah memiliki penghasilan, ada yang perlu diingat. Apalagi seiring dengan naiknya karir dan bertambahnya pemasukkan. Biasanya dari pihak Bank menawarkan fasilitas kredit yang menggiurkan.

Mungkin kamu merasa mampu membayar tagihan kredit tersebut, akan tetapi melakukan cara ini akan menciptakan kebiasaan untuk berutang.

Mulai berinvestasi

Saat ini banyak cara untuk memulai berinvestasi, baik itu melalui reksadana, saham, sukuk/obligasi dan lain sebagainya. Maka dalam setiap melakukan perencanaan anggaran perlu menyisikan sebagian penghasilan dengan cara berinvestasi.

Dengan begitu, dalam usia mudah tak begitu terbebankan dengan masalah anggaran. Karena kita telah mampu mengontrol keuangan kita setiap bulannya. Semoga informasi ini bermanfaat…

(Visited 4 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *