Belajar Mengejar Kesuksesan Dari Garibaldi Thohir


Garibaldi ‘Boy’ Thohir. Foto milik: Agung Pambudhy/detikcom

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Menjadi orang yang sukses adalah impian setiap orang, hanya saja untuk menggapai itu semua perlu menjalani rintangan dan tantangan yang besar. Namun kesuksesan bagi setiap orang mempunyai definisi yang berbeda-beda, pada kesempatan kali ini Rizensia akan membagi tips sukses menjadi pengusaha ala Garibaldi Thohir.

Bagi masyarakat Indonesia mendengan Nama akhiran Thohir pasti tidak asing, karena nama akhiran Thohir ini pernah membuat masyarakat Indonesia heboh dengan ekspansi usaha yakni mengakusisi salah satu Club sepak bola ternama Italia yaitu Inter Milan. Dimana proses akusisi itu dilakukan oleh adik dari Garibaldi Thohir yakni Erick Thohir.

Mereka berdua adalah anak dari Muhammad Teddy Thohir yang mana menjadi salah satu pendiri dari Group Astra Internasional. Garibaldi sendiri lebih dikenal dengan perusahaan tambangnya yakni PT. Adaro Energy Tbk.

Sepak terjangnya sebagai pengusaha membuatnya masuk kedalam 50 besar orang terkaya di Indonesia versi Majala Forbes dengan total kekayaan mencapai US$ 1,41 miliar atau setara Rp 19,03 triliun (kurs Rp13.500) pada 2017.

Meski begitu, Boy Thohir sapaan akrabnya. Tidak perduli dengan label yang disematkan oleh majala tersebut. Meski berambisi ingin terus membangun kerajaan bisnis, harta bukanlah tujuan utamanya.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Detikfinance, ketika ditanya akan pencapaian dan disebut sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Garibaldi menjawab,

“Jujur saya tidak nyaman disebut sebagai orang terkaya nomor berapapun, karena itu bukan tujuan hidup saya. Menurut saya sukses bukan itu, sukses menurut saya bagaimana kita menyeimbangkan semuanya, kita bisa sukses secara komplit. Kita sukses di keluarga bisa mendidik anak-anak kita, sukses di perusahaan dan sukses di masyarakat.

Orang tua saya selalu bilang uang itu bukan segalanya dalam kehidupan. Menurut saya itu benar tapi bukan berarti kita nggak punya ambisi. Uang hanya sebagai tolak ukur keberhasilan sebuah perusahaan.” ungkapnya

Tujuan utamanya dalam menjadi pengusaha adalah ingin bisnisnya sukses, akan tetapi kata ia tak melulu soal uang. Ia bahagia lewat bisnisnya, karena bisa membuat lapangan pekerjaan. Dari perusahaan yang ia punya memiliki sekitar 100 ribu pekerja.

Kemudian, tujuan keduanya adalah melalui bisnis ia bisa berkontribusi kembali kepada negara maupun masyarakat. Sehingga menurut ia, setiap orang pasti punya tujuan hidup yang berbeda-beda.

Dalam proses menjadi pengusaha, Garibaldi sendiri pernah merasakan jatuh bangun. Ia mengatakan, “Semua itu tidak ada yang instan, semua harus ada proses dan saya bilang bisnis itu susah kalau gampang semua bisa jadi pebisnis.

Jadi harus kerja keras, itu semua butuh proses. Seperti naik tangga tak terasa sudah tangga ke-100. Tapi kalau lompat dari satu ke empat ya bisa jatuh. Kalau tidak ulet dan gampang menyerah ya susah jadi pebisnis.” Ungkapnya.

Nah, bagi kamu yang memulai terjun kedunia usaha, setidaknya ada beberapa faktor yang perlu Anda miliki dalam mengejar kesuksesan menurut Garibaldi Thohir.

“Kalau kita mau sukses ada 5 faktor penting, pertama karakter. Contoh, jangan anggap bahwa uang itu segalanya. Kalau sebaliknya karakter kita buruk.

Kedua, bahwa tidak ada yang instan. Sehingga harus kerja keras. Ketiga baru pintar, ini harus. Keempat networking, bisnis di Indonesia susah kalau enggak punya teman

Kelima menurut saya kita harus bertakwa kepada Tuhan. Kalau bukan rejeki mau kerja dari pagi sampai malam ya tidak akan bisa.” Imbuhnya seperti dikutp dari Detikfinance

Diolah dari : https://finance.detik.com/wawancara-khusus/d-3978948/boy-thohir-mantan-calo-tanah-kini-jadi-orang-terkaya-ri

(Visited 7 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *