Siapa Bilang Indonesia Tidak Punya Senjata Canggih.!! Ini Dia 6 Diantaranya

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Demi memperkuat posisi pertahanan, tak jarang negara-negara dunia memperbaruhi alutsista persenjataan mereka tak terkecuali Indonesia. Bahkan negara sekaliber Amerika Serikat, China, dan Russia terus melakukan pembaruan alutsista pertahanan mereka bahkan tak jarang mereka saling pamer memamerkan.

Indonesia sendiri juga terus memperbaruhi alutsista persejataan bahkan kualitasnya pun tak kalah canggih dari negara-negara adidaya, selain membelinya dari produsen persenjataan luar negeri ternyata indonesia juga mampu membuatnya sendiri, tak jarang negara lain pun tertarik membeli persenjataan buatan Indonesia tersebut.

Tak asing bagi kita perusahaan bernama PT. Pindad adalah sebuah BUMN industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia dan memperkerjakan sekitar 3000 karyawan.

PT Pindad mampu memproduksi berbagai jenis senjata antara lain; jenis senapan serbu (SSI-VI, SS2-V2, SS1-V3, SS1-V5), Senapan sniper (SPR-1) pistol (P-1, P-2), revolver (R1-V1, R1-V2, RG-1 (tipe A), RG-1 (tipe c), senapan sabhara/polisi (Sabhara V1 and Sabhara V2), senjata penjaga hutan, pistol profesional magnum, peluncur granat dan pelindung tubuh (personal body protection).

Nah, pada artikel ini kami akan membagikan 4 senjata baru dari TNI yang dikutip daei berbagai sumber:

Kapal Selam KRI Nagapasa-403

Foto via Liputan6

Persenjataan terbaru dari TNI angkatan laut adalah kepal selam KRI Nagapasa-403, yakni kapal selam produksi dari Korea Selatan. KRI ini memiliki diameter panjang 61,3 meter, dan memiliki kecepatan 21 knot dibawah air mampu berlayar lebih dari 50 hari dan menampung 40 kru.

Persenjataan yang dimiliki oleh kapal selam ini yakni torpedo dengan fasilitas delapan buah tabung peluncur.

Kapal selam DSME209 produksi DSME ini merupakan kapal selam teknologi tempur terbaru. Dilengkapi dengan peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm dan peluru kendali antikapal permukaan yang merupakan modernisasi armada kapal selam TNI Angkatan Laut.

KRI Nagapasa-403 merupakan kapal selam kelas 209/1400 pertama dari tiga buah kapal selam sejenis yang dibangun di Korea Selatan dan Indonesia.

Kapal Selam KRI Ardadedali-404

Jika sebelumnya ada kapal KRI Nagapasa-403. Kapal selam selanjutnya Kapal Selam KRI Ardadedali-404, kapal selam ini resmi memperkuat jajaran kapal selam TNI AL.

KRI Ardadedali adalah kapal selam dari Korea Selatan, dimana hasil kerja sama produksi antara Indonesia dan negara gingseng tersebut dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).

KRI Ardadedali langsung mengarungi lautan menuju ke Indonesia. Setelah 14 hari menyelam mengarungi lautan, KRI Ardadedali tiba di Dermaga Ujung, Komando Armada Timur, Surabaya, Jawa Timur.

Dalam prduksi kapal selam ini Indonesia memang menjalin kerja sama tranfer teknologi dengan Korea Selatan. Indonesia memesan 3 kapal selam sekaligus. KRI Ardadedali-404 menyusul pendahulunya KRI Naga Pasa-403 yang sudah lebih dulu beroperasi di Indonesia. Sedangkan, satu kapal selam lagi tengah dirakit di galangan kapal PT PAL, Indonesia.

Hercules C-130

Pesawat ini adalah armada baru dari TNI AU dimana pesawat angkut berat C-130 menambah jumlah Hercules yang telah dipunyai sebelumnya. Pesawat ini menghuni Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abd Saleh.

Keunggulan C-130 antara lain terbukti dari kemampuan operasi mulai dari dukungan Logistik, pasukan, kemanusiaan dan dukungan operasi lainnya. Pasukan khusus TNI atau pasukan pemukul reaksi cepat dapat langsung diterjunkan ke sasaran dengan pesawat angkut yang sudah melegenda ini.

Penempatan C-130 di Malang karena Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh sudah mempunyai peralatan komplet perawatan Hercules C-130 yang menjadi pangkalan induk.

Raytheon AGM-65K2

Reytheon AGM-65K2 adalah salah satu senjata rudal andalan Indonesia yang dipasang pada pesawat tempur F-16. Rudal ini memiliki diameter 300 mm dan panjang 2,49 meter.

Jika digunakan dalam keadaan normal, ridal ini bisa menempuh jarak tembank hingga 24 kilometer. Kecepatan rudal ini bisa mencapai 1.100 km per jam.

Raytheon AGM-65K2 diproduksi oleh Amerika dan telah digunakan oleh 30 negara di dunia. Hingga sekarang produksi rudal ini sudah mencapai 70.000 unit sejak pertama kali dibuat di tahun 1972. Rudal ini menjadi senjata andalan Indonesia yang dioperasikan oleh Skadron Udara bersama 10 unit F-16 serta 24 F-16 C/D.

Rudal RBS-15 MK3

Rudal canggih dari alutsista TNI adalah rudal multi platfrom yang sangat hebat hingga saat ini. Rudal ini bisa dipasang di truk, pesawat tempur hingga kapal perang.

Untuk RBS-15 MK3 ini TNI akan memasangnya pada Kapal Cepat Rudal atau KCL dengan nama Klewang.

Saat ini Indonesia telah memiliki 4 unit peluncur rudal RBS-15 MK3 yang membuat negara tetangga ketar-ketir.

Diameter Rudal RBS-15 MK3 memiliki panjang hingga 4,35 meter dengan wingspan 1,4 meter. Berat satu rudal bisa mencapai 800 kg dan jarak tempuhnya 200 kilometer. Kecepatan rudal ini lumayan tinggi hingga akan mengenai sasaran dalam jangka waktu yang sangat singkat.
RBS-15 MK3 adalah rudal hebat milik Jerman yang nyaris dipakai oleh banyak negara di Eropa seperti Swedia dan Polandia.

Helikopter Apache AH-64E

TNI Angkatan Darat khususnya satuan Pusat Penerbangan TNI AD (Puspenwrbad) kedatangan 8 helikopter serbu Apache.

Helikopter buatan Amerika Serikat ini dalam pengirimannya dilakukan dua tahap. 3 Apache sudah lebih duluh tiba di Indonesia pada 18 Desember 2017 menggunakan jalur udara. Sendangkan sisanya 5 buah menyusul dikirim menggunakan jalur laut dan tiba di Indonesia pada akhir April 2018 lalu.

Apache didesain untuk terjun dalam operasi segala cuaca. Helikopter dikendalikan oleh dua awak. Apache dibekali sistem persenjataan utama berupa meriam rantai M230 30 mm yang terletak di bawah moncongnya. Helikopter ini juga bisa membawa kombinasi persenjataan lain, seperti AGM-114 Hellfire dan pod roket Hydra 70 empat tenggekan pada pilon pangkal sayap.

Itulah senjata canggih milik TNI dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan Indonesia. Sebenarnya Indonesia punya satulagi senjata paling canggih bin ajaib dan paling mematikan yakni Netijen Indonesia…. 😉

(Visited 10 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu