Mudah Merasa Bersalah, Tanda Orang Itu Bisa Dipercaya?? Berikut Risetnya

Ilustrasi via Plukme.com

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Tak mudah mencari orang yang mudah dipercayah, ini dikarena tak ada pegangan (ciri-ciri) bagi kita untuk mengetahui orang ini bisa dipercayai atau tidak.

Belum lama ini ada sebuah riset yang meneliti ciri-ciri orang yang bisa dipercayai atau tidak. Seperti yang diberitaka n oleh Scienceblog, riset ini dilakukan oleh tim peneliti dari University of Chicago Booth School of Business, hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di  Journal of Personality and Social Psychology.

Dalam hasil riset para peneliti mengatakan bahwa salah satu faktor penting untuk menilai apakah seseorang bisa dipercayai atau tidak dengan cara mereka bisa mengantisipasi rasa bersalah.

Fakta ini didapatkan setelah mereka melakukan penelitian dengan melakukan enam eksperimen berbeda dimana mereka memanfaatkan sebuah permainan ekonomi untuk menilai sikap dan keinginan para peserta studi.

Kecenderungan seseorang ketika mengantisipasi rasa bersalah merupakan salah satu prediktor kuat dalam menilai “Apakah mereka bisa dipercaya dibandingkan sifat lain, seperti keterbukaan, mudah setuju, dan berhati-hati”.

Karena Orang semacam ini memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi ketika mereka dipercayai atas suatu hal. Dan orang tipe ini pula sangat jarang menghianati rasa percaya yang diberikan oleh orang lain.

Tentunya indikator ini bisa menjadi cara dalam mempercayai dan memberikan tanggung jawab yang besar.

“Rasa percaya dan bisa dipercaya penting bagi suatu hubungan atau organisasi. Individu atau sebuah institusi bisa mengalami kerugian besar ketika salah menempatkan rasa percaya,” ujar para peneliti.

“Temuan kami membantu memberikan pemahaman tambahan atas rasa percaya dengan mempelajari bagaimana sifat orang yang bisa dipercaya. Hasilnya adalah dalam memutuskan kepada siapa suatu kepercayaan bisa diberikan, pilihlah orang yang mudah merasa bersalah,” saran mereka berdasarkan hasil riset ini.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu