Gesits, Motor Listrik Buatan Anak Bangsa Siap Gebrak Otomotif Indonesia

Presiden Jokowi mengendarai motor Gesits. Foto via Kompas.com

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Sepertinya pihak Gesits serius ingin menggebrak industri otomotif motor Indonesia, dengan mengandalkan teknologi berpenggerak motor listrik. Motor hasil kerjasama beberapa industri dan perguruan tinggi ini akan diluncurkan sebelum pergantian tahun 2018 ke 2019.

Pihak Gesits sendiri merencanakan akan mulai memproduksi akhir tahun 2018

“Rencana mulai produksi akhir tahun ini (2018). Penjualan ke konsumen mulai tahun depan,” ungkap oleh Chief Executive Officer PT Gesits Technologies Indo, Harun Sjech.

Sementara itu, Direktur Garansindo, Zaki Nahdi Saleh mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 30 ribu orang yang melakukan pemesanan.seperti dikutip dari Viva.co.id

Kemudian, masalah riset dan pengembangan motor listrik Gesits telah selesai dan hanya tinggal pada proses produksi

Nantinya dalam produksi motor Gesits dilakukan pada pabrik milik PT Wika Industri dan Kontruksi di Gunung Putri Bogor dengan kapasitas produksi 50 ribu unit dalam satu tahun.

Menristekdikti M Nasir, mengatakan bahwa ia telah mengunjungi alur produksi mengatakan terdapat 20 stasiun produksi dimana bisa menghasilkan satu unit motor dalam waktu 40 menit.

Ia juga menjelaskan bahwa tingkat komponen dalam negeri pada motor Gesits telah mencapai 89 persen dan untuk 11 persennya masih impor seperti lampu depan dan belakang serta shock braker.

Nasir menargetkan TKDN motor Gesits akan menjadi 100 persen dalam beberapa tahun kedepan.

“Tahun 2020 bisa 100 persen produk dalam negeri, lokal kontennya. Dan kalau bisa terwujud ini akan menjadi motor pertama kali buatan anak Indonesia yang menjadi lompatan luar biasa dalam teknologi,” kata Nasir dikutip dari liputan6.com

Dia menjelaskan, keunggulan motor listrik Gesits menggunakan energi listrik lebih hemat sepertiga dari energi yang dihasilkan dari motor berbahan bakar minyak.

Motor listrik Gesits juga akan dijual dengan harga lebih murah dari harga motor listrik lainnya, dan bahkan harga yang kompetitif dengan produk motor konvensional.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu