Prinsip Berinvestasi Aman ala Armand W. Hartono

Armand W Hartono.

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Akhir-akhir ini, anak mudah Indonesia mulai gencar melek akan dunia Investasi, baik itu dibidang Reksadana, Saham, Obligasi dan Peer 2 Peer Landing. Tentunya berinvestasi selain menjanjikan keuntungan besar, pun mempunyai resiko yang begitu besar pula, tentunya kita sebagai pemilik dana harus tau resiko dan cara meminimalisir kerugian.

Nah, pada kesempatan ini Rizensia membagikan tips “Cara aman dalam berinvestasi ala Armand W. Hartono”.

Armand Hartono adalah Deputi Presiden Direktur BCA dan sekaligus anak dari Pengusaha Robert Budi Hartono yang memiliki Group Djarum dan Bank BCA. Tentunya, kapasitasnya dalam dunia Investasi tak diragukan lagi. Sehingga sebagai orang yang mulai berinvestasi, perlu mengambil ilmu darinya.

#Tips Berinvestasi: “Harus melaksanakan prinsip-prinsip berinvestasi dengan baik”

Menurut ia, jika seseorang telah malaksanakan prinsip berinvestasi dengan baik, tak akan mudah terpengaruh dengan kondisi ekonomi yang cenderung tidak  stabil seperti saat ini.

“Investasi itu dengan beberapa prinsip, tidak ada yang tahu ekonomi naik turunnya bagaimana,” ujar Armand ketika ditemui selepas acara launching buku HaloBCA di Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Prinsip Pertama “Diversifikasi”

Diversifikasi atau Menganekaragamkan jenis aset yang akan diinvestasikan, salah satu cara agar meminimalisir resiko terhadap investasi yang Anda miliki.

“Selalu diverisifikasi sebisanya, secukupnya. Pastikan diversifikasi ke aset kelas yang sehat, obligasi pemerintah yang aman pun oke, time deposit ke bank yg aman ya bagus, mau ke reksadana yang baik juga oke, saham kalau perusahaannya sehat ya enggak masalah,” sebut Armand.

Prinsip Kedua “Bermain Aman”

Bermain aman adalah kunci sukses dalam berinvestasi. Dengan berhati-hati melihat pasar, serta tidak rakus membeli aset menjadi hal penting bagi orang yang ingin berhasil dalam berinvestasi. 

“Tidak peduli ekonominya bagaimana, asal kita kita prudent, tidak rakus, (akan) aman,” ujar dia.

Akan tetapi Armand pun menggaris bawahi, bahwa bukan berarti dengan berinvestasi dengan hati-hati, serta melakukan diversifikasi aset tidak akan rugi. Karena menurut ia, untung rugi dalam berinvestasi adalah hal yang biasa. Yang penting, setiap aksi investasi yang dilakukan sudah terukur.

“Naik turun akibat kondisi ekonomi itu pasti. Tapi, yang penting semua terukur. Untung rugi bisa terjadi setiap saat. Tapi, dalam jangka panjang semua relatif aman,” lanjut Armand.

“Jadi, selama kita ikuti prinsip-prinsip investasi itu dengan baik, ya kalau rugi jadi enggak rugi-rugi amat. Tapi, kalau untung ya ikut untung,” ujar dia. seperti dikutip dari Kompas.com

Semoga artikel ini bermanfaat ya….. 🙂

 

(Visited 13 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *