Teknik Mengapung Uitemate, Tips Aman Ketika Kapal Tenggelam Sampai Tsunami

Assalamu’allaikum…..

Karamnya Kapal Motor Lestari

Rizensia.com – Musibah kita tidak tau kapan akan menimpah, hal ini yang terjadi pada Kapal Sinar Bangun di Sumatra Utara dan Kapal Fery Lestari di Sulawesi Selatan, karam dan memakan korban yang tak sedikit.

Tentu dari jatuhnya korban menjadi catatan bagi kita semua, bagaimana ketika musibah seperti banjir, tsunami, dan tenggelam bisa meminimalisir jatuhnya korban.

Lalu langkah apa yang bisa kita lakukan ketika hal seperti diatas menimpah kita??

Nah, disini kita bisa mencontoh negara Jepang dimana menurut statistik data korban tenggelam yang tewas atau hilang di jepang memiliki statistik yang agak aneh terkait usia korban.

Ketika survei dilakukan, sebanyak 803 orang tewas atau hilang tenggelam pada 2013 lalu. Dimana lebih dari 47% berusia lebih dari 65 tahun, sementara sisanya kebanyakan berkisar antara usia lulus SMA hingga 65 tahun. Sedangkan anak-anak di bawah usia sekolah dasar hanya berjumlah 44 orang.

Dalam keterangammya, Profesor Hidetoshi Saito dari Universitas Teknologi Nagaoka meyakini rendahnya korban usia anak disebabkan telah banyak anak SD yang telah mengikuti pelatihan “Bertahan Hidup dengan cara Mengapung dan Menunggu” atau dalam bahasa Jepang ‘Uitemate’.

Konsep ini begitu sederhana akan tetapi sangat efektif, ini terlihat dari survei diatas.

Jepang memang menjadi salah satu negara yang rawan akan bencana, maka untuk meminimalisir jatuhnya korban mereka harus melakukan sejumlah pelatihan dari tingkat Sekolah Dasar.

Seperti apa teknik ‘Uitemate’??

Mari kita kenali, setidak-tidaknya ada 4 poin utama yang harus diperhatikan saat menggunakan teknik ini :

  1. Pastikan diri Anda bisa bernapas dengan tenang dan leluasa, angkat dagu tinggi-tinggi dan arahkan pandangan lurus ke atas.
  2. Kemudian rentangkan tangan hingga keduanya sejajar secara horizontal
  3. Rentangkan juga kaki Anda secukupnya. Jangan lebar-lebar, apalagi sampai sejajar horizontal. Ingat! Kalian sedang berusaha menyelamatkan diri. Bukan sedang cari sensasi. Dan, satu lagi. Pastikan untuk tidak melepaskan sepatu kalian.
  4. Jika Anda menemukan benda ringan yang bisa membantu kalian mengambang, maka segera gunakan. Letakkan di bagian perut dan peluk ringan.

Itulah beberapa tips teknik mengapung uitemate, cara aman ketika bencana alam sampai tsunami dari Profesor Hidetoshi Saito. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Berikut tutorialnya :

(Visited 3 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu