Tips & Trik

Melalui ‘e-SAMSAT’ Warga Sulteng Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah

  • 2
    Shares

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Ketika bayar pajak kendaraan terbayang dibenak antrian, menunggu lama dan lain sebagainya. Sehingga tak sedikit dari kita sengaja membayar kewajiban tersebut sebagai warga negara.

Namun, untuk sekarang dengan perkembangan teknologi komunikasi membuat semua hal menjadi mudah dengan menggunakan sistem elektronik.

e-Samsat Sulteng memperkenalkan sistem baru mereka untuk melayani pembayaran pajak kendaran bermotor dengan lebih mudah. e-Samsat adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) berbasis elektronik. Sehingga layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor(PKB, PNBP dan SWDKLLJ) yang lebih mudah dan praktis melalui ATM Bank Sulteng.

Berikut kami bagikan langkah-langkah pembayaran melalui e-Samsat :

Registrasi SMS

Registrasi dilakukan untuk mendapatkan kode bayar (kode billing) dengan cara :

Ketik SMS : Bayar#(nomor rangka kendaraan)

Kirim ke : 08114557788

Setelah mendapatkan kode bayar (kode billing) yang terdiri dari 12 (dua belas) digit, maka nasabah sapat langsung melakukan pembayaran di ATM Bank Sulteng terdekat dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Berikut ini petunjuk yang akan dilakukan ketika melakukan pembayaran :

Pembayaran

  1. Pilih transaksi Pembelian/Pembayaran > Pembayaran Tagihan > Berikutnya > Pajak Kendaraan
  2. Masukan 12 (dua belas) digit kode bayar (kode billing) lalu pilih lanjutkan
  3. Setelah Anda memasukan kode bayar (kode billing) akan ada konfirmasi pembayaran pajak kendaraan bermotor, jika ingin melanjutkan pilih Ya, jika membatalkan pilih Tidak.
  4. Setelah melakukan pembayaran, nasabah akan mendapatkan kertas resi yang menjadi dokumen untuk ditukarkan dengan SKPD (Surat Kendaraan Pajak Daerah) di kantor SAMSAT daerah terdekat.

Semoga artikek ini bermanfaat…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *