Kren!! Deteksi Kemanisan Buah Melon Dengan AI

Ilustrasi Buah Melon

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Di Haikou, Cina konsumen di salah satu toko buah dapat mendeteksi kadar kemanisan buah melon dengan hanya menggunakan perangkat kecerdasan buatan (AI).

Toko buah yang berada di Ibukota Provinsi Hainan itu, memajang setiap melon dengan label sertifikat yang menunjukan rasa, mulai dari setengah manis, 70 persen hingga manis 90 persen. Informasi ini bersumber dari perangkat  buatan pendeteksi kemanisan yang terdapat dalam aplikasi pembayaran Alipay.

Para pembeli sendiri bisa mengeceknya dengan cara mengungga foto melon melalui fitur “Alipay add-on” yang selanjutnya akan dideteksi kadar kemanisan serta kematangan buah melon.

Cara Kerja  Pendeteksi Kematangan Buah Melon

Ternyata fitur Alipay add-on adalah pengembangan dari Aliyun, yakni teknologi komputasi awan milik Alibaba, yang mengandalkan algoritma AI yang bisa menampung lebih dari 150 ribu foto melon dengan perbedaan tingkat kematangannya.

dalam pemberitaan People’s Daily yang dikutip dari Antaranews, bahwa tingkat akurasi perangkat tersebut bisa mencapai 90 persen.

Pemilik toko buah Jiang Linbo mengatakan bahwa dengan pengelompokan beberapa jenis melon sesuai dengan level kemanisa itu membantu para konsumennya dalam memilih buah yang dibeli sesuai selera.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu