Ini Dia BBM Pertamina Yang Sesuai Dengan Standar Euro 4

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Mengikuti perkembangan teknologi yang menuju ke arah ramah lingkungan membuat setiap negara turut memperbaruhi standar emisi gas pada kendaraan.

Hal ini dikarenakan emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor menyumbang dampak dalam pemanasan suhu bumi secara global.

Setidaknya untuk saat ini negara-negara didunia mulai menerapkan standar emisi yang dikeluarkan oleh negara dibenua eropa yang lebih dikenal dengan standar Euro. Indonesia sendiri dalam hal ini pemerintah tengah mendorong pertamina dan pabrikan kendaraan bermotor untuk memproduksi kendaraan berstandar euro 4.

Melalui regulasi ini yang tertuang dalam Peraturan Menteri (PERMEN) LHK No.p.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017, tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe Euro 4.

Untuk saat ini bahan bakar yang telah memenuhi standar Euro 4 yang dikeluarkan Pertamina sebagai pemegang pasar BBM di Indonesia yakni produk Pertamax Turbo.

Dikutip dari detikcom Deny Djukardi, Comercial Retail Fuel Marketing Manage Pertamnina, mengungkapkan bahwa pertamina telah meluncurkan Pertamax Turbo dimana BBM jenis ini telah memenuhi standar emisi Euro 4.

“Kita kan sudah meluncurkan Pertamax Turbo. Dan kita sudah upgrade Pertamax Turbo yang sudah kita luncurkan, yaitu Pertamax Turbo yang spesifikasi Euro 4. Euro 4 itu adalah spesifikasi yang mengarah ke ramah lingkungan, dengan gas buang yang lebih baik,” kata Deny saat ditemui di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Sabtu (14/4/2018).

Deny juga menegaskan, Pertamax Turbo sudah memenuhi syarat Euro 4. Dua syarat utama Euro 4 sudah ada di Pertamax Turbo.

“Untuk Euro 4 itu minimum oktan di atas 92. Dan Turbo kami sudah 98 artinya sudah masuk. Dan kemudian tingkat sulfur di bawah 50 ppm (parts per million). Kemarin hasil tes lab kita punya turbo euro 4 punya sulfur antara 20-30 ppm. Jadi sudah masuk kategori Euro 4,” ucap Deny.

PT Pertamina (Persero) secara bertahap siap untuk memasarkan Pertamax Turbo hasil produksi kilang Refinery Unit (RU) dalam negeri dengan kualitas lebih baik dan memenuhi standar Euro 4.

Melalui uji emisi yang dilakukan oleh BMTP (Balai Thermodinamik Motor dan Propulsi), terbukti bahwa Pertamax Turbo Euro 4 mampu mengurangi kadar Carbon Monoxide (Co), Hydrocarbons (HC) dan Nitrogen Oxides (NOx).

Hasil emisi menunjukkan bahwa Pertamax Turbo Euro 4 memiliki kandungan sulfur lebih rendah mencapai maksimal 50 ppm, sehingga dapat memperbaiki kualitas lingkungan. Kandungan sulfur yang semakin rendah, dampak negatif dari polusi yang dihasilkan juga akan semakin rendah.

Memang sudah seharusnya kita mulai peduli akan lingkungan, jika tidak dimulai dari sekarang, maka akan semakin besar dampak yang kita rasakan dan biaya diperlukan untuk menangani masalah pemanasan dan pencemaran lingkungan dimasa yang akan datang.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu