Teknologi

Cek Luka Diabetes Dengan Aplikasi CekMata.com

  • 1
    Share

Assalamu’allaikum…..

Ilustrasi via Indotelko

Rizensia.com – Berkembangnya dunia digital mampu di manfaatkan oleh segelintir orang untuk mengembabgkan dunia startup, salah satu yang tengah dikembangkan adalah aplikasi pengecekkan luka diabetes.

Dua startup Tanah Air yang bergerak di bidang kesehatan, yaitu CekMata.com dan Caredise.com, berhasil mengembangkan aplikasi pengecekkan luka diabetes. Hal ini tentu menggembirakan karena dengan begini penderita diabetes bisa mengetahui jenis luka diabetes.

Cara kerja aplikasi ini menggunakan teknologi AI dan fitur ini bisa Anda temukan di aplikasi CekMata.com terbaru yang bisa diakses melalui smartphone Anda.

Harapannya dengan kehadiran fitur ini CekMata.com dan Caredise.com dapat membantu masyarakat dalam mendeteksi dini luka diabetes.

Seperti dikutip dari Rizensia dari Indotelko.com cara menggunakan fitur cek luka diabetes sangat mudah. Pengguna cukup membuka cekmata.com dari aplikasi browser ponsel pintar, kemudian login dengan akun Google atau Facebook, dan mengambil gambar lukanya dengan kamera di ponsel pintar. Secara otomatis, CekMata.com akan melakukan analisis serta interpretasi apakah luka pasien dalam tahap penyembuhan normal (granulation), infeksi (infection), atau dalam kondisi kematian jaringan (necrosis).

Fitur cek luka diabetes di aplikasi CekMata.com telah melewati tahap data training pada ribuan foto luka serta pengujian langsung pada lebih dari 330 pasien yang mengalami luka diabetes. Tingkat akurasinya dalam mendeteksi luka diabetes kini mencapai 86%.

“Teknologi yang kami gunakan yaitu artificial intelligence. Teknologi ini dapat membantu pasien dalam mengenali kondisi luka diabetes secara dini. Didukung teknologi deep learning, luka dapat diidentifikasi menjadi 3 kategori yaitu luka penyembuhan normal, infeksi, atau dalam kondisi kematian jaringan,“ ujar Co-Founder sekaligus CTO CekMata.com Albert Samadhi dalam keterangan (9/7) kepada Indotelko.

“Deteksi dini mengenai kondisi luka diabetes sangatlah penting. Seringkali pasien datang dengan kondisi luka sudah mengalami infeksi yang parah atau kematian jaringan sehingga memerlukan penanganan lebih serius. Penting sekali pemeriksaan luka secara dini serta penanganan yang tepat,” ujar Co-Founder sekaligus CEO Caredise.com Ilzam Nuzulul Hakiki.

Nantinya setelah penggunaan fitur CekMata.com Anda bisa menggunakan fitur Caradise.com untuk menghubungkan pasien dan perawat spesial yang ada disekitaran rumah, kedua startup ini berharap dengan hadirnya layanan mereka bisa membantu pasien diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *