Teknologi

Fakta Menarik YouTube Di Awal Kemunculannya Sampai Dengan Sekarang

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – YouTube telah menjadi media paling populer saat ini, melalui situs berbagi video ini telah lahir sejumlah YouTuber (kreator video) sukses yang mempunyai pengikut berjuta-jutaan dan merauk keuntungan besar. Bahkan ada sampai menjadi miliyader dengan hanya menjadi seorang YouTuber, dari sinilah YouTube menjelma menjadi situs Video paling populer saat ini.

YouTube sendiri pada tanggal 23 April 2018 yang lalu, telah menginjak Usia 13 Tahun. Banyak fakta-fakta menarik yang terjadi kepada YouTube dari masa kemunculanya hingga sekarang.

Pada kesempatan kali ini Rizensia akan membahas tentang 7 Fakta menarik tentang YouTube yang perlu Anda ketahui. Apa saja fakta-fakta tersebut? Ayo baca artikel ini sampai selesai ya…

#1 YouTube Didirikan Oleh Tiga Orang Mantan Karyawan Paypal

YouTube sendiri pada awalnya didirikan oleh tiga orang mantan karyawan PayPal. Meraka adalah Jawed Karim, Chad Hurley dan Steve Chen. Domain www.youtube.com diaktifkan pada 14 Februari 2005, lalu situsnya dikembangkan dalam beberapa bulan setelahnya.

#2 Masa Awal YouTube Berkantor di Lantai Atas Restoran Pizza

Pada masa-masa awal, YouTube beroperasi sebagai perusahan startup yang didanai oleh Sequoia Capital. Kantornya ada di lantai di atas sebuah restoran pizza di San Mateo, California.

#3 Video Pertama YouTube Berdurasi 19 Detik

Video pertama YouTube berjudul “Me at the Zoo (Saya di Kebun Bintang)” yang berdurasi sekitar 19 detik, video itu adalah milik Jawed Karim salah satu dari 3 pendiri YouTube. Dari video inilah yang menjadi cikal bakal meraksasanya YouTube.

Di dalam video tampak Karim berdiri di depan kandang gajah. Dia tampak terkesima dengan belalai gajah yang disebutnya “sangat, sangat panjang”.

#4 Di Masa Kemunculannya YouTube Telah Mencatat 65.000 Video

Dalam waktu singkat pada awal kemunculanya, YouTube tumbuh pesat. Bedasarkan informasi yang dikutip Oleh Rizensia berdasarkan rangkuman KompasTekno dari LA Times , Senin (23/4/2018), pada Juli 2006 YouTube sudah mencatat sebanyak 65.000 video diunggah ke situsnya setiap hari.

#5 YouTube Mulai Dilirik Google dan Akhirnya Di Akusisi

Setelah sukses memiliki 65.000 video membuat Google tertarik mengakusisi, meski saat itu YouTube belum mencatatkan keuntungan. Pada Oktober 2006 Google berhasil mengakusisi dengan nilai 1,65 miliar dollar AS dalam bentuk saham.

YouTube pun kini berstatus sebagai salah satu anak usaha Google yang paling dikenal, di bawah kepemimpinan CEO Susan Wojcicki.

#6 Setelah Berusia 13 Tahun, YouTube Mencatat Unggahan Video Dengan Total 576.000 jam per hari.

Fakta yang sangat mengejutkan lainnya, dengan perkembangan YouTube seperti yang kita lihat sekarang. Menurut keterangan Google, jumlah pengguna yang terdaftar di YouTube kini mencapai 1,5 miliar yang tersebar di 90 negara. 

Jika di kalkulasi setiap menitnya ada 400 jam video yang diunggah ke YouTube, dengan total 576.000 jam per hari.

#7 YouTube Telah Menghapus Milliaran Video

Tahun lalu YouTube diketahui telah menghapus sebanyak lebih dari 8 juta video pada bulan Oktober hingga Desember tahun 2017. Sebanyak 15 persen di antaranya video berisi kebencian.
Itulah beberapa fakta menarik tentang YouTube, dengan keberhasilannya membuat Youtube menjadi penyumbang keuntungan terbedar bagi perusahaan Induknya yaitu Alphabet Inc.

Refrensi utama : KompasTekno

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *