Berikut Alur Lengkap Pendaftaran SNMPTN 2018

Ilustrasi via SNMPTN
Ilustrasi via SNMPTN

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Secara resmi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) membuka jalur seleksi pendaftaran mahasiswa baru jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2018, pada tanggal 13 Januari 2018.

Jalur SNMPTN ini merupakan seleksi yang menggunakan sistem hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Sistem ini tentunya berbedah dengan SBMPTN dan SMMPTN yang menggunakan sistem seleksi melalui beberapa proses seperti ujian.

Dalam proses pendaftaran, pihak sekolah seperti SMA, SMK, maupun MA yang dapat mendaftarkan siswanya harus memenuhi syarat. Seperti sekolah yang berakreditas A dapat mendaftarkan 50% siswa terbaiknya. Sendangkan sekolah berakreditas B dapat mendaftarkan 30% siswa terbaiknya, sementara sekolah berakreditas C bisa mendaftarkan 10% siswa terbaiknya. Adapun sekolah yang tidak memiliki akreditas dapat mendaftarkan 5 persen terbaik di sekolahnya.

Bagi Anda siswa pendaftar bisa langsung mengikuti alur berikut dalam melakukan pendaftaran : 

  • Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2018 http://www.web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah ( upload ) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  • Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
  • Sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet dapat melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

Jadwal Pendaftaran SNMPTN Tahun 2018 :

  1. Pengisian dan verifikasi PDSS dimulai pada 13 Januari -10 Februari
  2. Pendaftaran pada 21 Februari-6 Maret
  3. Pengumuman hasil seleksi pada 17 April 2018
  4. Pendaftaran ulang peserta yang lulus di perguruan tinggi negeri masing-masing pada 8 Mei 2018. Daftar ulang tersebut dilakukan bersamaan dengan Ujian Tertulis SBMPTN.

Sementara bagi Anda calon peserta dari kalangan keluarga tidak mampu dapat mendaftar Program Bidikmisi dan harus mendaftar terlebih dahulu sebagai calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
Kemudian kepada masyarakat khususnya para calon yang memerlukan informasi lebih lanjut dapat menggunakan layanan informasi resmi melalui :

Laman SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id dan http://halo.snmptn.ac.id serta call-center 0804-1-450 -450.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu