Produsen Mobil: Selamat Tinggal Rem Tangan Manual

Ilustrasi Rem Tangan Elektrik

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Penggunaan rem tangan manual pada mobil telah diganti secara berlahan dengan sistem rem tangan elektrik oleh produsen kendaraan roda empat. Transformasi penggunaan rem ini dilakukan agar mempermudah para pengemudi dan seiring dengan makin majunya teknologi saat ini, sehingga sangat diperlukan perubahan ini.

Di negara Inggris setidaknya dalam penelitian marketplace otomotif CarGurus yang dilakukan pada 32 pabrikan menunjukan setidaknya tersisa 37 persen saja kendaraan roda empat baru yang menggunakan sistem rem tangan manual.

Rem elektrik menurut sejumlah praktisi lebih baik ini dikarenakan hanya menggunakan saklar untuk menggerakkan sepasang motor kecil untuk menarik rem belakang.

Ini berbeda dengan cara kerja rem tangan konvensional, dimana pengemudi harus menarik tuas dengan tangannya.

Kemudian, rem parkir elektrik ini juga akan otomatis terbuka saat pedal gas diinjak, sehingga pengemudi tak perlu lagi menarik tuas rem. Fitur lainnya yang ditawarkan yakni tambahan “automatic hill-hold” untuk memberi kemudahan di jalan menanjak.

Meski begitu, rem tangan manual masih dipakai dan diproduksi untuk jenis kendaraan tertentu, karena sebagian kalangan masih menyukai jenis rem seperti ini.

Seandainya penggunaan rem elektrik seperti ini diadopsi oleh Indonesia, bagaimana menurut Anda sahabat Rizensia??

(Visited 2 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu