Masjid-masjid Di Yordania Telah Ramah Lingkungan

Atap Masjid Hamdan Al-Qara di Amman (AFP)

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Agama Islam terkenal dengan tuntunan menjaga kebersihan, bahkan dalam pembelajaran fiqih bab pertama yang dibahas yakni masalah kebersihan. Hal inilah yang coba dikembangkan oleh negara Yordania, dimana masjid-masjid mereka ramah terhadap lingkungan.

Seperti dilansir oleh Reuters, Selasa (6/11/2018), dimana salah satu Masjid mereka yakni Masjid Ta’la Al Ali di Ibukota Yordania Amman. Jika kamu berkunjung kesana maka Kamu akan menjumpai panel-panel tenaga surya ada di atap Masjid mereka. Hal ini dilakukan untuk menekan emisi karbon.

Mereka juga sadar akan potensi dimana matahari menyinari negara ini sepanjang tahunnya. Temperatur udara dinegara ini berkisaran di 40 derajat Celcius di musim panas.

“Hampir semua masjid di Yordania kini memakai 100% tenaga yang terbaharui,” ujar auditor dari ETA-max Energy and Environmental Solution asal Yordania, Yazan Ismail.

Penggunaan teknologi ini pertama kali muncul di tahun 2014, dimana kementerian Agama setempat mendorong penggunaan teknologi ini. Bahkan praktek menjaga lingkungan ini pun mendapat dukungan oleh imam setempat, mereka memafaatkan momen shalat jumat untuk menghimbauan masyarakatnya.

“Alasan dari penggunaan tenaga matahari adalah kewajiban agama. Islam mendorong umatnya untuk menjaga sumber daya alam,” ujar imam Masjid Ta’la Al Ali, Ahmad Al Rawashdeh.

Praktik tersebut pun dimulai di Kota Amman sebagai role modelnya. Diketahui, Amman merupakan satu dari 70 kota di dunia yang menargetkan bebas karbon di tahun 2050.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu