Lifestyle

Mari Kenali Timbal, Beserta Bahayanya Bagi Manusia

Assalamu’allaikum…..

Ilustrasi. Foto via Tribunnews.com

Rizensia.com – Timbal adalah unsur yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan jika hal ini berlarut-larut, membuat manusia akan digrogoti oleh dampak dari timbal itu sendiri.

Timbal adalah salah satu unsur kimia dimana unsur ini dalam tabel periodik memiliki lambang Pb dan nomor atom 82. Timbal bisa juga disebut dengan Timah Hitam, akan tetapi berbeda dengan ‘Timah’ pada umumnya karena berbeda lambang dan unsur kimianya.

Kehadiran timbal sebenarnya hasil dari perilaku kita sendiri, perlu Anda ketahui bahwa timbal terdapat pada alat-alat yang menunjang kehidupan kita sehari-hari contohnya seperti : baterai, amunisi, bahan pipa, bahan atap, elektronik, patung, solder untuk elektronik dan cat,

Tak hanya itu timbal karena tahan terhadap korosi, memiliki kepadatan tinggi, dan relatif murah sehingga dipergunakan dalam ballast untuk perahu layar.

Sementara itu timbal pun bisa masuk ke tubuh kita melalui udara, makanan, air, dan debu. Lewat udara, timbal bisa ditemukan pada gas buang kendaraan bermotor.

Limbah gas buang kendaraan bermotor menghasilkan pencemar udara yang berupa karbondioksida, hidrokarbon, SO2, NOx, tetraethyl  lead, yang termasuk bahan timbal yang telah dicampurkan ke dalam bahan bakar dengan kualitas rendah seperti Premium, dan Solar.

Bentuk Tibal yakni berwarna putih kebiru-biruan dan mengkilap, lunak, tahan asam, karat dan bereaksi dengan basa kuat. Jika digunakan sebagai penghantar listrik maka timbal masuk kejajaran unsur yang kurang baik (konduktor yang buruk). Sendangkan massa atom relative 207,2 dan memiliki Valensi 2 dan 4.

Timbal memiliki titik didi sekitar 1740oC, untuk titik leleh logam ini sekitar 327,5oC. Dalam beberapa isotop timbal memiliki 204Pb (1,4%), 206Pb (24,1%), 207Pb (22,1%), dan 208Pb (52,4%).

Apa sih Bahaya Timbal Bagi Kesehatan, Sehingga Dilarang??

Ternyata timbal bersifat toksik dimana jika terhirup atau tertelan oleh manusia, maka timbal di dalam tubuh akan beredar mengikuti aliran darah, kemudian diserap oleh ginjal dan otak, dan bahayanya akan tersimpan dalam tulang dan gigi.

Bahkan jika timbal tertelan oleh anak, akan menyebabkan ganguan terhadap beberapa fase perkembangan awal anak seperti fisik dan mental. Sehingga dikhawatirkan akan mengganggu fungsi kecerdasan dan kemampuan akademik.

Bahayanya lagi jika diserap oleh ibu hamil akan mengakibatkan kematian pada janin, keguguran dan berpotensi melahirkan secara prematur.

Jika anak Anda sering bermain-mainan plastik maka berhati-hatilah bisa jadi mainan tersebut telah tercemar oleh timbal; Terpaparnya logam timbal ini pun menyumbang dalam meningkatnya kasus disfungsi ereksi.

Dan masih banyak lagi bahaya dari timbal, sehingga tidak salah jika beberapa produk mulai mengkampanyekan barang, alat rumah tangga, perpipaan, cat dan lainnya bebas akan timbal. mengingat bahaya timbal yang begitu besar bagi manusia dan hewan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *