Manfaat Bersyukur Bagi Kesehatan Jasmani Dan Rohani Kamu..!!

Assalamu’allaikum……

Rizensia.com – Sudahkan kamu bersyukur kepada Allah SWT tentang apa yang telah ia berikan kepada kita??? Kenikmatan seperti bangun dari tidur, makan, dan kenikmatan paling besar yakni diberi kesehatan dan umur panjang. Maka kata syukur “Alhamdulillah” patut untuk diucapkan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Psikologi di Universitas Californi, bahwa rasa syukur memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan mental dan fisik sekalipun, berikut ini Rizensia bagikan:

Mendapat Tidur Malam yang Berkualitas

Studi terbaru menunjukkan, rasa bersyukur dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari. “Kebutuhan untuk tidur memiliki peranan penting dalam menjamin fungsi kesehatan yang dimiliki tubuh. Rasa bersyukur membantu kita memiliki durasi tidur yang lebih panjang dan berkualitas karena rasa syukur memperpendek jalur respons stres, persoalan produktivitas yang terganggu di siang hari akibat kurang tidur pun dapat teratasi.” Ungkap oleh profesor psikologi tersebut.

Mengurangi Gejala Depresi

Penelitian tersebut juga mengatakan rasa bersyukur dapat mengurangi gejala depresi. Ketika seseorang mampu bersyukur, Emmons mengatakan hal ini akan membuat mereka lebih mudah pulih dari rasa stres, takut, maupun cemas.

Baik Bagi Kesehatan Jantung

Dalam sebuah studi lain dilakukan percobaan selama dua bulan di mana pasien yang menderita sakit jantung harus menuliskan tiga hal yang mereka syukuri.

Ternyata dari hasil penelitian ini menunjukkan, terdapat variabilitas detak jantung ketika mereka menulis. Ini berarti hati mereka lebih responsif sehingga berada dalam keadaan yang lebih baik. Studi ini menunjukkan terdapat korelasi antara rasa syukur dengan peningkatan kesehatan jantung. Subhannallah…..

Meningkatkan Rasa Ketertarikan

Menurut Emmons, rasa syukur terbukti mampu meningkatkan rasa ketertarikan seseorang dengan orang lain.

“Ketika berfokus pada kebaikan orang lain, maka rasa syukur akan membantu kita merasa lebih terhubung, tenang, puas, dan aman. Terutama saat mengalami kesulitan dan membutuhkan orang lain,” ungkap Emmons. Perasaan ini akan hidup untuk waktu yang lebih lama di dalam psikologis seseorang.

“Oleh karena itu, kita cenderung tidak menganggap orang lain biasa saja. Ketika kita fokus pada kebaikan yang dilakukan orang lain kepada kita, hal ini akan memperkuat self-regard
yang kita miliki,” ujar Emmons dikutip dari CNBnews.com

Bagaimana menurut kamu, jadi jangan lupa ya selalu bersyukur….

(Visited 9 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu