Kisah Inspiratif Menteri Susi Pudjiastuti, Dari Jualan Emas Hingga Maskapai Pesawat

Assalamu’allaikum…..

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto Kementrian KKP)

Rizensia.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan motivasi kepada Wisudahan Mahasiswa Universitas Sampoerna di Jakarta pada Kami 18 Oktober 2018.

Di dalam kesempatan itu Ibu Susi memberikan motivasi dan menceritakan kisah inspiratifnya kepada para lulusan. Ibu Susi sebelum menjadi menteri, banyak sudah yang usaha yang ia lakukan. Dari berjualan bed cover, hingga menjual perhiasan sampai sebagai modal menjadi pengepul ikan.

Kemudian setelah itu ketika ia merasa bisnisnya semakin berkembang, Ibu Susi memberanikan diri meminjam modal dari perbankan, untuk mengembangkan usaha. Memasuki tahun 2004, Susi kala itu memutuskan untuk membeli pesawat jenis Cessna Caravan seharga Rp20 miliar.

Satu-satunya pesawat yang saya miliki itu saya gunakan untuk mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang,” tutur Susi.

“Ini dilakukan agar produk-produk perikanan yang diekspor dapat tetap dalam keadaan hidup dan masih segar,” tambahnya.

Susi Air Menjadi Maskapai Pertama Pembawa Bantuan Tsunami Aceh

Di akhir tahun 2004 ketika itu Tsunami melanda Provinsi Banda Aceh, maskapai penerbangan milik Ibu Susi menjadi pesawat pertama yang mendarat dan memberikan bantuan.

“Ya dari situ, banyak orang tahu tentang Susi Air. Banyak juga media yang meliput. Hingga nama Susi Air sekarang diketahui banyak orang. Ya, itu sekilas tentang perjalanan saya di dunia bisnis, yang berpegang teguh pada apa yang diimpikan,” kata Susi.

Ibu Susi juga tidak pernah bermimpi menjadi Seorang Menteri

Ibu Susi tidak menyangka bahwa dirinya akan menjadi menteri diera Pak Jokowi-JK, akan tetapi melalui kekuasaan seorang Menteri Kelautan dan Peria berkomitmen akan berusaha menjaga kedaulatan perairan Indonesia.

“Saya pun tidak menyangka akan menjadi menteri. Tapi dengan menjadi menteri, saya akan berusaha menjaga kedaulatan perairan Indonesia. Saya ingin pengelolaan sumber daya perikanan secara berkelanjutan,” tutur dia.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu