Pulau Papua Jadi Daerah Penyimpan Air Terbesar Di Indonesia

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Meski Bumi sebagian besar diselimuti oleh air tetapi tak kurang dari 1% saja air tawar, air yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Nah, setidaknya ada lima negara yang mempunyai ketersedian air tawar terbesar didunia dan Indonesia menjadi negara dengan kepemilikan air tawar terbesar ke 5.

Meski terbesar ke 5, potensi air di Indonesia tidak merata, ada daerah-daerah tertentu di Indonesia yang mempunyai potensi paling besar dan juga paling kecil. Jadi tak heran beberapa daerah di Indonesia terjadi kesulitan dalam mendapatkan air.

Berdasarkan data dari Kementerian PU pada tahun 2014 bahwa Indonesia mempunyai potensi produksi air 3,9 triliun/tahun.

“Secara potensi, produksi air kita nomor 5 terbesar di dunia atau 3,9 triliun/tahun jadi cukup besar ya,” ungkap Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PU Arie Setiadi di Hotel Four Seasons, Kuningan Jakarta, Selasa (18/02/2014).

Meski begitu, prasarana, dan keterbatasan teknologi dalam pemanfaatan air menjadi kendala di negara kita. Kemudian hal lainnya adalah potensi air dan kebutuhan air yang sudah melebihi kapasitasnya, salah satu contohnya adalah pulau Jawa.

“Kita punya problem spasial dan temporal. Contoh di Jawa hanya punya air 4% dari potensial air di Indonesia. Jumlah penduduk 57% dan ini menjadi problem sendiri. Kita punya potensi air paling besar di Papua tetapi yang tinggal di sana sedikit dan infrastrukturnya sedikit,” tuturnya.

Berikut ini sebaran air yang ada di Indonesia menurut Data Kementerian PU pada tahun 2014.

  1. Pulau Kalimantan 1,3 triliun meter kubik air
  2. Pulau Papua setiap tahun memproduksi 1,062 triliun meter kubik air
  3. Pulau Sumatera 840 miliar meter kubik air
  4. Pulau Sulawesi 299,2 miliar meter kubik airMaluku 176,7 miliar meter kubik air
  5. Pulau Jawa hanya 164 miliar meter kubik air
  6. Bali -Nusa Tenggara 49,6 miliar meter kubik air.
(Visited 1 times, 1 visits today)