Kelebihan Menggunakan Kartu Debit GPN

Ilustrasi Kartu GPN. Foto via CNBC Indonesia

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia tengah gencar dalam mengkampanyekan penggunaan kartu debit bersistem dalam negeri, kita tau bahwa selama ini Indonesia masih menggunakan sistem pembayaran menggunakan kartu debit dari Amerika Serikat yakni Mastercard dan Visa.

Nah, semenjak akhir tahun 2017 Bank Indonesia memperkenalkan kartu debit bersistem dalam negeri yang diberi nama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). GPN sendiri adalah merupakan sistem yang dibangun untuk mengintegrasikan berbagai instrument dan kanal pembayaran secara nasional.

Kemunculan GPN inilah yang membuat negara adi daya seperti Amerika Serikat murka terhadap Indonesia, dimana Program ini menjadi salah satu keberatan Presiden AS, Donald Trump sehingga memicu penghapusan fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) bagi Indonesia.

Lalu, apa saja sih keuntungan menggunakan sistem kartu debit GPN ini? Berikut Rizensia bagikan:

  • Dapat digunakan untuk transaksi di seluruh mesin ATM dan EDC di dalam negeri. Sehingga masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar dalam bertransaksi karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi.
  • Biaya Transaksi antarbank di mesin EDC menjadi lebih murah. Biaya yang dikenakan hanya sebesar 1 persen dari 2-3 persen sebelumnya. Akan tetapi kebijakan ini tidak mengurangi keuntungan dari pihak Bank.
  • Nasabah dapat menghemat biaya administrasi kartu setiap bulannya  sekitar Rp 1.000.
  • Keuntungan lainnya yaitu seluruh kartu debit telah berteknologi Chip. Sehingga transaksi menjadi lebih aman dari tindakan kejahatan perbankan seperti skimming.
  • Penggunaan kartu GPN juga membantu menghemat devisa Negara yang selama ini keluar dan menguntungkan Visa dan MasterCard (Amerika Serikat).

Bagaimana menurut Anda???

(Visited 8 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *