Transportasi Paling Aman Di Dunia

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Industri penerbangan Indonesia kembali berduka atas jatuhnya pesawat Lion Air JT-610  tujuan Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di lepas pantai Tanjung Bungin Karawang, Jawa Barat, pada senin (29/10).

Tentunya ini memunculkan kembali opini tentang keselamatan didalam dunia penerbangan, apakah betul pesawat terbang menjadi transportasi paling aman didunia???

Berikut ini kami paparkan datanya, menurut data dari National Transportation Safety Board 2015, terdapat 27 kecelakaan dan tidak ada yang berakibat fatal. Angka tersebut memiliki perbandingan 0,155 dari 100 ribu penerbangan akan mengalami kecelakaan. Sementara untuk satu mil penerbangan rata-rata hanya ada kemungkinan jatuh sebesar 0,0035 persen.

Tentunya hal ini berbeda dengan data tentang potensi kecelakaan kendaraan bermotor dimana menurut data dari National Highway Traffic Safety Administration United States (US) yang dihimpun Time, lebih dari 32 ribu kecelakaan kendaraan bermotor yang menyebabkan 35 ribu kematian pada 2015 lalu.

Ini berarti bahwa dari data tersebut kira-kira ada sekitar 1,13 per 100 juta kendaraan yang melakukan perjalanan berpeluang mengalami kecelakaan fatal. Sementara sekitar 11 orang diperkirakan mengalami kecelakaan dari 100 ribu penduduk di AS dalam satu kali perjalanan.

Foto via Imagine China

Kemudian data dari kendaraan mobil yang dihimpun dari National Safety Council juga menjabarkan, di Amerika ada satu dari 114 kesempatan kecelakaan untuk mobil sementara pesawat hanya satu dari 9,821 kesempatan. Dari hasil statistik tersebut bisa disimpulkan bahwa lebih berbahaya mengendarai sebuah mobil daripada ikut dalam sebuah penerbangan.

Meski dari segi data pesawat bisa dibilang paling aman, akan tetapi persepsi berbeda datang ketika manusia menilai pesawat lebih berbahaya karena berada di atas, tidak di darat.

Padahal kecelakaan mobil bisa terjadi di sepanjang jalan AS, dan faktanya terjadi hampir setiap hari. Ketika pesawat kecelakaan kemungkinan penumpang selamat memang sangat kecil. Namun demikian kecelakaan pesawat sangat jarang terjadi bila dibandingkan dengan mobil.

Tentunya dari hal ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa ketika takdir Allah yaitu kematian menghampiri, kita sebagai hambanya tidak bisa melawan akan takdir itu.

Refrensi : Time, Republika
(Visited 2 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu