Bijak Menyikapi Informasi Di Group WA

Foto via : Fisahkambali.com

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Dahulu ketika Facebook menjadi media sosial ter-populer, informasi begitu gampangnya didapatkan. Dengan cara mengklik tombol bagi, maka informasi bersumber dari teman atau laman portal berita bisa dilihat seketika itu juga.

Kala itu informasi yang tersebar terbagi atas dua kategori ada berita benar dan berita bohong (hoax). Namun saat itu berita bohong lebih banyak tersebar, karena lebih menarik dan juga menguras emosi sang pembaca.

Akibatnya banyak masyarakat yang mulai terganggu, karena munculnya berita bohong (kebenaran berita tidak bisa dipertanggung jawabkan). Sehingga masyarakat dunia maya ketika itu saling hujat menghujat, bahkan ada yang menghapus pertemanan di dunia maya dan dunia nyata pula. Terlebih lagi ketika memasuki ajang pemilihan Presiden tahun 2014, banyak pengguna saling hujat menghujat dan menyebar berita bohong.

Ini tentunya diawali dari kebiasaan kita membagikan suatu info tanpa adanya usaha klarifikasi, atau mengecek kebenaran suatu berita. Sehingga berita yang kita bagikan secara tak langsung memunculkan gejolak perpecahan.

Akan tetapi kejadian serupa kemungkinan akan terjadi pada aplikasi chat Whatsapp (WA). Karena dengan terus berkembangnya grup-grup di layanan chat WA membuat kebiasaaan membagi info berkembang dengan pesat. Begitu gampangnya masyarakat membagikan info ke grup-grup WA, tanpa adanya klarifikasi atau mencari kebenaran berita tersebut dari sumber-sumber yang terpercaya.

Ini pulahlah yang membuat silaturahmi diantara member grup WA menjadi renggang satu sama lain, dan kemungkinan akan terjadi seperti pada Facebook. Akibat membagikan informasi yang belum diketahui kebenarannya, membuat masyarakat menjadi resah dan timbulnya perpecahan di tengah masyarakat. 

Maka cerdaslah dalam bersosial media…. Salam persahabatan dari kami… 🙂

 

(Visited 4 times, 1 visits today)

Berikan Komentar Terbaikmu