Profil Singkat PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Calon Emiten di BEI

Assalamu'allaikum....

Pertamina Hulu Energi (PHE)

rizensia - Terdengar kabar bahwa anak usaha BUMN akan melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury, dimana ada 4 anak usaha BUMN yang akan IPO pada akhir tahun 2022 dan tahun 2023 mendatang.

Ia menyebutkan, "akan ada satu anak BUMN yang melakukan IPO pada tahun ini dan hingga lainnya akan menyusul pada tahun 2023. Ke empatnya yaitu PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PalmCO, dan PT Pupuk Kalimantan Timur," terang Pahala, dilansir dari Channel CNBC Indonesia, Rabu (14/09/2022).

Nah, di artikel ini rizensia akan membahas tentang PHE perusahaan yang mengelola blok-blok minyak dan gas milik Pertamina, berikut kami bagikan:

Baca Juga: Profil Singkat PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), Calon Emiten di BEI

Profil PT Pertamina Hulu Energi (PHE)

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero). Hingga saat ini, PHE mengelola portofolio dan/atau operasional sebanyak 58 anak perusahaan, 6 perusahaan patungan dan 2 perusahaan afiliasi yang mengelola blok - blok migas di dalam dan luar negeri, serta bergerak di kegiatan usaha hilir migas dan services, dengan jumlah pekerja sampai tahun 2019 sebanyak 2.437 orang.

Sejarah PT Pertamina Hulu Energi (PHE)

PHE dibentuk berdasarkan hukum negara Republik Indonesia yang merupakan perwujudan dari strategi pengelolaan kegiatan hulu migas berdasarkan Undang - Undang No. 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi pada tanggal 23 November 2001 oleh PT Pertamina (Persero). Berdasarkan regulasi sejak tanggal 1 Januari 2008, PHE secara resmi ditugaskan untuk bertindak selaku strategic operating arm PT Pertamina (Persero) melalui berbagai kerjasama dengan pihak ketiga di dalam maupun di luar negeri, dengan skema JOB - PSC (Joint Operating Body - Production Sharing Contract), JOA - PSC (Joint Operating Agreement - Production Sharing Contract), PI/ PPI (Participating Interest/ Pertamina Participating Interest) dan Partnership

Pada akhir tahun 2019, PHE memiliki 58 anak perusahaan yang terdiri dari 53 AP di dalam negeri dan 5 AP di luar negeri, yang mengelola 48 Wilayah Kerja dalam negeri dan 2 Wilayah Kerja luar negeri, meliputi :
  1. Joint Operating Body/Badan Operasi Bersama : 6 WK
  2. Operator : 23 WK
  3. Non-Operator : 19 WK
  4. Luar Negeri : 2 WK
Selain itu PHE memiliki anak perusahaan afiliasi, yaitu PT Arun NGL dan Natuna-2 BV; 1 Perusahaan perusahaan joint venture/patungan di Malaysia; dan memiliki saham di 4 perusahaan patungan yaitu PT Donggi Senoro LNG, PT PDSI, PT Pertagas Niaga, PT Pertamina Hulu Indonesia, PT Pertamina Mahakam, PT Pertamina Drilling Company dan PT Pertamina Geothermal Energi Lawu.

PHE memiliki sifat unik dan khusus dibandingkan dengan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) lainnya. Selain bertugas mengelola portofolio masing-masing anak perusahaannya, perusahaan patungan dan berbagai perusahaan afiliasi, PHE juga mengelola dan mengawasi operasional wilayah kerja hulu migas masing -masing anak perusahaan dengan skema kerjasama (Partnership).

Portofolio PT Pertamina Hulu Energi (PHE)

Struktur Perusahaan PGE
Struktur Perusahaan PGE



Source:
https://www.youtube.com/watch?v=TJhJtMtZkHc
https://phe.pertamina.com/ContentView.aspx?MenuID=ydRRTTxkdt6Trx91pX1+cA==&TypeGroupContent=mELirpUhRYksFj7k8/XBcQ==&NewsCatID=9OYR9kUytIsLilKZieD5xg==

***

Email: [email protected]
WA: 089657444900
Kami hadir di GOOGLE NEWS

Posting Komentar

Berikan komentar terbaikmu!
© 2015 - rizensia| All rights reserved.
Sahabat Investasi Kamu!