Unik

Fakta Tentang Emas Yang Perlu Anda Ketahui

Assalamu’alaikum…

Coklat yang ditaburi serpian emas. Foto via DW Indonesia

Emas merupakan logam mulia yang bersifat lunak dan mudah ditempa, kekerasannya berkisar antara 2,5 – 3 (skala Mohs), serta berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya. Dibalik kemulian logam ini, ternyata emas mempunyai banyak fakta yang patut Anda ketahui.

Emas Ternyata Bisa Digunakan Sebagai Pengobatan 

Salah satu metode pengobatan rheumatoid arthritis adalah pengobatan dengan menyuntikan garam berbasis emas langsung ke sendi. Partikel nano emas juga digunakan untuk mendiagnosa kanker prostat, HIV dan tes malaria. Selain itu, isotop radioaktif emas dimanfaatkan sebagai radiologi untuk beberapa jenis kanker.

Emas Berasal Dari Luar Angkasa

Emas di Bumi dan banyak logam mulia lainnya diduga kuat berasal dari meteor yang jatuh ke bumi  sekitar 4 miliyar tahun yang lalu. Penelitian tentang ini dilakukan oleh tim dari Universitas Bristol, Inggris. Disaat hujan batu angkasa terjadi, kerak bumi telah mengeras sehingga serpihan logam yang terkandung di dalam meteorit jatuh ke bumi dan menyangkut di lapisan-lapisan tanah.

Ternyata Emas Bisa Dimakan
Tenyata emas murni tidak menimbulkan reaksi beracun jika masuk kedalam tubuh. Karena logam mulia ini tidak mengoksidasi, berkarat atau bereaksi dengan unsur-unsur kimia lainnya. Serpihan emas murni dapat dimakan lho…. Tetapi memakan emas tidak membawa nutrisi apapun bagi tubuh kita.

Penggunaannya Tak Hanya Sebagai Perhiasan
Memang sih peggunaannya tak hanya sebagai perhiasan saja. Tetapi didunia industri elektronik emas dimanfaatkan emas, karena logam ini merupakan konduktor listrik yang sangat baik dan tidak menimbulkan karat (korosi). Emas pun sangat mudah dibentuk, sehingga proses menufaktur jadi lebih mudah dibandingkan dengan logam lainnya.

Bahkan disetiap barang-banrang elektronik mempunyai kandungan emasnya. Menurut laporan UNEP tahun 2009, dalam tiap satu ton tumpukan gandget terdapat 340 gram emas. Jadi bagi kamu yang mempunyai barang elektronik yang sudah tidak berfungsi seperti gadget, Anda bisa mengambil emasnya.

Satu Ons Emas Ditempa, Bisa Seluas Kamar Tidur Kecil
Ternyata emas jika ditempa bisa menjadi lembaran super tibis yang luasnya menutupi sebuah kamar tidur kecil. Emas juga bisa menjadi kawat yang tipisnya sepertiga rambut manusia. Selanjutnya, 1 ons emas bisa dibuat menjadi benag sepanjang 8 kilometer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X