Unik

Seperti Ini Foto Bencana Jika di Lihat Dari Luar Angkasa

Melelehnya Salju. Foto (NASA via DW)

Assalamu’alaikum….

Bencana memang menjadi momok yang sangat menakutkan bagi seluruh mahluk hidup di muka bumi, bencana juga memberikan dampak korban jiwa, kerugian material dan lain sebagainya.
Selain bencana alam ada juga bencana yang terjadi akibat dari perilaku Manusia yang seraka, demi keuntungan sepihak mereka dengan tega membakar hutan, tanpa memikirkan apa dampak bagi lingkungan.
Nah, pada artikel kali ini Rizensia akan memperlihatkan beberapa gambar bencana yang terjadi di muka bumi dan secara tak sengaja di abadikan dari luar angkasa. Berikut ini beberapaa fotonya:

Meletusnya Gunung Berapi

Gambar Meletusnya Gunung Berapi. Foto (NASA via DW)

Tahun 2009 Gunung Sarychev, terletak di Kepulauan Kuril, Rusia, meletus. Nah, pada saat yang sama, Stasiun Ruang Angkasa Internasional ISS tepat berada di atas gunung tersebut, dan pada saat itu juga awak ISS mengabadikan foto meletusnya Gunung berapi Sarychev.

Danau Yang Mengering

Mengeringnya Danau. Foto (ESA via DW)

Salah satu misi satelit observasi bumi, seperti Proba-V milik Badan Antariksa Eropa. Membuat foto-foto yang memungkinkan dilakukannya pelacakan perubahan lingkungan dari waktu ke waktu. Nah, Foto yang di ambil pada bulan April 2014, Juli 2015 dan Januari 2016 (Kiri ke Kanan) ini. Memperlihatkan bahwa proses mengeringnya Danau Poopo di negara Bolivia, ini diakibatkan dari perubahan iklim.

Hutan Terbakar

Kabut Asap Sumatra dan Kalimantan. Foto (NASA via DW)

Setiap tahunnya, kebakaran hutan memusnakan berjuta-juta hektar hutan dan ekologi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Nah, di foto kali ini memperlihatkan foto kebakaran hutan yang di ambil tanggal 15 September 2015 di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Akibatnya langit di kedua pulau tersebut dan sekitarnya diselimuti asap tebal.

Hujan Berkepanjangaan

Banjir terjadi di eropa. Fota (Via DW)

Pada tahun 2013, Benua Eropa diguyur hujan yang berkepanjangan. Tentunya hal tersebut membuat banyak sungai besar meluap dan termasuk juga sungai Elbe. Dalam foto diatas, bagaimana lumpur yang dibawa oleh sungai Elbe menutupi sekitar Wittenberg, ini berada di negara bagian Sachesen-Anhalt.

Titik Badai

Badai angin. Foto (via DW)

Badai angin kerap kali menyebabkan kerusakan hebat. Informasi cuaca yang di susun berdasarkan laporan dari satelit sangat peting untuk dimonitor perkembangan badainya. Foto yang di ambil pada 25 November 2015 di Samudra Pasifik,tak jauh dari negara Meksiko. Badai ini memiliki kecapatan 160km/jam.

Melelehnya Gletser di Argentina

Melelenya gelester di argentina. Foto (NASA via DW)

Satelit memerankan peran penting dalam memantau perubahan iklim. Misalnya, lewat informasi yang dikirim dari ruang angkasa, ilmuwan dapat mendokumentasikan bagaimana gletser di seluruh dunia meleleh, dan menyebabkan peningkatan permukaan air laut. Foto yang diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS, ini menunjukkan proses melelehnya gletser Upsala di Argentina antara 2002-2013.

Badai Pasir

Badai Pasir. Foto (NASA via DW)

Badai pasir di Timur Tengah disebut “Haboob” kerap menerjang wilayah padang pasir. Pada September 2015, satelit berhasil mengabadikan badai pasir hebat tengah bergerak ke wilayah pemukiman. Foto seperti ini dapat memberikan gambaran untuk memahami pola bagaimana badai terbentuk, untuk memprediksi kekuatan badai dan mengambil antisipasi yang diperlukan.

Gunung Telanjang

Gunung yang tak bersalju lagi. Foto (NASA via DW)

Nama ini digunakan NASA untuk menggambarkan Gunung Shasta di Kalifornia, Amerika Serikat. Gunung yang memiliki selimut salju ini merupakan sumber air penting di kawasan. Namun hamparan salju secara bertahap menghilang. Foto yang diambil pada tahun 2013, saat terjadi bencana kekeringan parah ini, memperlihatkan bagaimana salju yang menutupi gunung tersebut telah menghilang hampir seluruhnya.(dw/rz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X