Top

Manfaat Pohon Dalam Mengurangi Dampak Seismik Gempa Bumi


Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Hutan tak diragukan lagi mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia, dari hutanlah mengalir mata air yang jernih, udara yang sejuk dan menyehatkan mata kita dengan melihat hampara pepohonan yang berwarna hijau.

Disana pula sumber kehidupan bagi beragam spesies hewan, sehingga menjadi aset surga dunia yang tak terhingga bagi bumi kita. Akan tetapi fungsi hutan lebih dari itu semua, salah satu fungsi hutan yang baru terkuak beberapa tahun belakangan ini adalah bisa menyerap gelombang seismik akibat gempa.

Pakar fisika dari laboratorium ilmu kebumian ISTerre di Grenoble, Prancis, menemukan sesuatu data yang mengejutkan.

Dalam eksperimen yang bertujuan untuk menstimulasi guncagan di permukaan bumi, mereka membuat getaran pada sebuah lempengan logam, lalu dihubungkan dengan batang logam yang posisinya vertikal.

Pakar gempa bumi Mathieu Rupin dan Philippe Roux menemukan sesuatu hal yang menarik perhatian mereka, dimana pada titik tempat kedua benda bertemu, getaran dari logam yang berposisi vertikal diredam dengan signifikan.

Ini yang membuat mereka tertari untuk kembali melakukan eksperimen dengan skala yang lebih besar, caranya dengan melakuakan penelitian langsung ke pepohonan di Hutan.

Tujuannya agar mereka bisa melihat apakah pohon bisa mengurangi perambatan getara seismik di dalam tanah atau tidak.

Seditidaknya mereka telah melakukan rekayasa disebuah hutan di Prancis, seperti memasang sensor gelombang seismik, melakukan rekayasa getaran.

Dalam melakukan proses pemasangan sensor gelombang seismik mempunyai beberapa kendala, seperti terlebih dahulu harus mengetahui komposisi tana dan kondisi fisiknya. Apakah tanah dibagian tersebut menyerap getaran yang direkayasa atau tidak.

Pakar gempa Philippe Roux menjelaskan: “Itu tantangannya — untuk mencari tahu apakah eksperimen di lapangan menunjukkan bahwa fenomena fisika yang kami demonstrasikan sama hasilnya, tak peduli materinya. Apakah fisika penyebaran gelombang tetap berlaku, walaupun ada perbedaan?” ujarnya seperti dikutip dari DW Indonesia.

Ketika mereka menciptakan sebuah gelombang seismik dengan menggunakan generator getara yang bisa didesain bisa dibawah kemana-mana. Saat dilakukan pengujian hasilnya pun tak mengecewakan dan hutan bisa menyerap getara seismik.

“Kami belum menganalisa data yang terkumpul. Tapi efek yang tampak, sesuai dengan dugaan kami. Pengamatan awal  menimbulkan dugaan, bahwa hutan bereaksi seperti sekelompok resonator, dan melemahkan gelombang. Mungkin hutan bisa memunahkan getaran sepenuhnya”, papar pakar gempa Philippe Roux.

Tentunya dari hasil riset ini, para peneliti berharap bisa mengeluarkan ide-ide baru dalam membangun sebuah gedung atau perkotaan, sehingga ketika menghadapi guncangan sesungguhnya bisa menyelamatkan nyawa manusia.

Pakar gempa  Philippe Guégen menjelaskan lebih jauh: “Orang bisa menarik analogi misalnya untuk daerah pemukiman, di mana bangunan yang bergetar, seperti halnya pohon. Jumlahnya banyak, dan berreaksi serta melemahkan gelombang seismik.

Untuk jangka panjang, idenya adalah mengadakan eksperimen untuk melihat apakah kita bisa menerapkan apa yang diamati di hutan ke daerah perkotaan. Serta menciptakan struktur perkotaan yang bisa membantu melindungi dari getaran seismik.”

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X