Top

​Fakta Tentang Sampah Elektronik

Ilustrasi Baterai, foto via Hubspot.net

Assalamu’allaikum……

Rizensia.com – Tanpa kita sadari sampah sekarang telah menjadi masalah diseluruh penjuru dunia, bahkan sampah barang elektronik diseluruh dunia mencapai rekor 45 Juta Ton pada 2016.

Peningkatan jumlah sampah elektronik terjadi karena sampah elektronik mulai dari televisi, telepon seluler, dan produk lainnya tidak seluruh didaur ulang. Kondisi ini membuat sampah elektronik semakin menggunung dan akan menjadi ancaman bagi kehidupan manusia.

Tapi tau tidak bahwa ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang sampah elektronik, selain dari jumlah sampah yang telah mencapai 45 Juta Ton. Berikut kami paparkan fakta tentang sampah elektronik yang perlu Anda ketahui :

Anda tau tidak sampah elektronik yang dibuang begitu saja, ternyata masih berharga lo… Karena sampah dari barang elektronik ternyata memiliki material berharga didalamnya berupa emas dan tembaga.

Fakta selanjutnya adalah akibat kurangnya proses pendauran kembali sampah elektronik, sehingga membuat sampah elektronik semakin menggunung. Dari data 41 Juta Ton sampah elektronik pada 2014 ternyata 8% nya berupa Steker atau Baterai saja.

Kemudian fakta dari sampah elektronik selanjutnya tentang bahan mentah sampah elektronik, dimana pada tahun 2016 diperkiraka bernilai USD 64,6 miliar, dimana dari bahan mentah tersebut seperti emas, perak, tembaga, platinum, dan palladium. 

Namun baru 8,9 Juta Ton dari sampah elektronik yang tercatat telah dikumpulkan dan didaur kembali pada 2016. Padahal jika didaur kembali sampah barang-barang elektronik ini mempunyai nilai yang sangat ekonomis.

Itulah beberapa fakta tentang sampah elektronik yang perlu Anda ketahui. 

Refransi : Sindonews / Reuters

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *