Top

Ini Keajaiban Mobil Listrik

Mobil Listrik Tesla.
Mobil Listrik Tesla. Foto via Liputan6.com

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Berbicara mobil listrik, pastinya belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang keajaiban mobil listrik. Bahkan jika beberapa orang di sodorkan mau pilih kendaraan apa mobil listrik atau mobil konvensional? Pasti untuk sekarang masih banyak yang memilih mobil konvensional.

Tapi perlu Anda ketahui sekarang para aliansi pabrikan Otomotif berusaha mengembangkan mobil listrik mereka, Contohnya seperti Aliansi Nissan, Mitsubishi, dan Renault. Toyota dan Daihatsu. Serta Aliansi besar dari Eropa yaitu VW pun tengah mengembangkan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Bahkan pabrikan motor Honda dan Yamaha di Kota Saitama, Jepang sedang mengembangkan prototipe motor listrik yang mana akan mereka kembangkan untuk massa depan.

Berikut kami bagikan keajaiban mobil listrik yang mana kami himpun dari berbagai sumber :

Keajaiban Mobil Listrik

Mobil Listrik Mampu Menempuh Jarak Jauh

Pak Dahlan Iskan dengan Mobil Listrik Selo.
Pak Dahlan Iskan dengan Mobil Listrik Selo. Foto via Google

Banyak yang menganggap bahwa mobil listrik tidak bisa diandalkan saat menempuh jarak jauh. Tapi fakta dilapangan berbeda mobil listrik saat ini jarak tempuhnya sudah bisa menempuh  300 miles (480km). 480km seperti jarak Jakarta antara Semarang. 

Sekarang pengembangan mobil listrik terus dilakukan, bahkan ada yang bisa menempu jarak 500 km.

Mobil Listrik Minim Komponen

Mobil listrik minim komponen penggerak pada mesinnya, karena hanya memiliki 5 komponen saja. Berbeda dengan mobil konvensional yang mempunyai beribu komponen yang harus dipantau setiap bulannya.

Tentu dari sinilah bisa ditarik garis lurus bahwa mobil listrik minim biaya perawatan.

Mobil Listrik Tidak Gampang Rusak

Mobil listrik
Mobil Tesla. Foto via Serayamotor.com

Masyarakat kita masih banyak yang beranggapan bahwa produk dahulu lebih baik dari pada produk sekarang. Dari mereka banyak yang mengambil contoh membandingkan mobil dahulu dan sekarang dengan masalah ketika mobil mengalami tabrakan. Seperti Mobil dahulu ketika mengalami tabrakan tidak akan sehancur seperti mobil sekarang.

Padahal mobil dahulu itu materialnya sudah jelas berbahan full besi, jadi wajar jika lebih kuat jika dibandingkan dengan mobil sekarang yang mana materialnya berbahan campuran seperti Polimer dan menggunakan teknologi material lain. Hal itu dimaksudkan agar massa mobil lebih ringan, sehingga hemat bahan bakar.

Kembali ke mobil listrik, mobil ramah lingkungan ini banyak yang beranggapan bahwa baterainya gampang rusak. Wajar sih jika masih banyak yang mengkhawatirkan masalah baterai karena komponen ini menjadi alat paling utama di mobil listrik, karena fungsinya sebagai sumber dari energi penggerak.

Tapi Anda tak perlu khawatir karena pihak Tesla telah menjamin kualitas baterai Lithium pada mobil mereka. Menurut mereka, baterai dari mobil mereka tidak mudah rusak meski sudah berumur hingga 10 tahun.

“Mau charge seperti apapun tidak akan mengurangi kualitas baterai. Baterai ini 8-10 tahun sebenarnya tidak ada masalah,” ujar Presdir Prestige Image Motorcars, Rudy Salim.

Bahkan dalam sebuah pemberitaan, bahwa mobil listrik berbeda dengan mobil bermesin konvensional yang butuh mengganti oli, dan perawatan teknikal mesin. 

Mobil listrik ternyata tidak memerlukan perawatan itu. Hanya saja, mobil ini harus melewati perawatan rutin untuk mengecek fisiknya, bukan teknisnya. Tapi ketika rusak mobil listrik akan memberi sinyal peringatan pada sebuah software.

“Karena Tesla ini tidak perlu ganti oli. Ketika ada kerusakan dia akan memberikan sinyal rusak dan terhubung ke online dia bisa mengkalibrasi dari software-nya,” terang Rudy di markas Prestige di Pluit, Jakarta, Jumat (13/2/2015) Kepada DetikOto

Bisa Di Charger dimana saja dan kapan saja

Anggapan ini masih sering dipertanyaakan oleh para konsumen. Tapi boleh Anda tau sekarang mobil listrik bisa di charge menggunakan AC Adaptor biasa. Cukup dengan memasukan ke stop kontak listrik biasa untuk mencharger mobil listrik (220v).

“Bisa ngecharge di rumah, tarikan listriknya antara 2.000-2.500 Watt.” ungkap Anthony saat ditemui di acara IIMS 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Ngecharger Mobil Listrik Lama

Tiap tahunya baterai mobil listrik terus dikembangkan dalam mengefisiensi waktu pengisian daya, bahkan baterai mobil tesla sekarang bisa dilakukan pengisian daya 6-8 jam.

Info terbaru yang kami dapatkan dari teknologi baterai mobil listrik, ada yang bisa di charger selama 5 menit saja.

Dikutip dari sefsed.com, Sebuah perusahaan yang bermarkas di Tel Aviv, Israel mengembangkan FlashBattery yang diklaim bisa diisi penuh hanya dalam 5 menit. 

FlashBattery menggunakan semacam zat kimia bernama nanodots yang memungkinkan kapasitor menerima daya besar dengan cepat. Zat kimia ini sangat sulit terbakar dibanding grafit yang ada pada baterai konvensional.

Model Mobil Listrik Sekarang Gak Kala dengan Model Mobil Konvensional

Keajaiban mobil listrik selanjutnya adalah modelnya yang semakin keren dan gaya abis. Masih banyak orang beranggapan bahwa mobil listrik tak bisa dipakai gaya-gayaan karena modelnya yang kaku dan na tapa kalau kata orang palu (ndesso…)

Tapi hal itu tidak benar lagi, karena sekarang model mobil-mobil listrik gak kala dengan mobil konvensional pada umumnya.

Mobil Listrik Pelan, gak Bisa Dipacu

Anda ketahui bahwa mobil listrik pun bisa berakselerasi secepat mungkin, bahkan tidak kala dengan mobil mesin konvensional. Contohnya seperti Tesla Model S P100D ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 2,5 detik.

Mobil Listrik Senyap

Menjadi suatu keajaiban yang lebih dari mobil listrik karena tak memiliki bunyi, sehingga sangat nyaman saat digunakan dan Anda bisa lebih berkonsentrasi dalam berkendara.

Harganya Masih Mahal

Memang ini menjadi masalah, ketika mobil listrik masih dalam tahap pengembangan. Dengan berbagai kebutuhan biaya riset yang besar dari para pabrikan membuat harga mobil listrik melambung tinggi. Tapi hal itu tak menunggu waktu lama, karena di tahun 2020 mendatang mobil listrik mulai mendapat perhatian dari Pemerintah dibeberapa negara tak terkecuali Pemerintah Indonesia.

Kita tunggu saja transformasi kendaraan massal manusia ini dan pastinya baca terus artikel dari Rizensia.com ya….. 🙂 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X