Top

Wiliam Tanuwijaya, Saya Tak Berniat Bangun Tokopedia Untuk Dijual

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Rumor yang santer terdengan tentang penjualan Tokopedia ke Alibaba terjawab sudah, dimana tepat pada peringatan hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus kemarin. CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengumumkan telah menerima pendanaan investasi terbaru dengan nilai US$1,1 miliar (sekitar Rp14 teriliun).

Pengumuman in dilakukan oleh CEO Tokopedia di sela acara perayaan hari jadi Tokopedia ke 8 tahun, berlangsung bersamaan dengan hari Kemerdekan RI ke 72.

Dalam pendanaan yang diperoleh tersebut, tenyata ada Alibaba Group masuk berpartisipasi dengan sejumlah pemegang saham Tokopedia sebelumnya. Sehingga menjadikan Alibaba sebagai pemegang minoritas di Tokopedia.
Pengumuman tersebut sekaligus menepis akan rumor akusisi Tokopedia oleh JD.com dan Akusisi saham mayoritas oleh Alibaba Group yanv marak diberitakan beberapa waktu lalu.

Melalui keterangan resmi, William Tanuwijaya selaku CEO dan Founder Tokopedia menegaskan bahwa semua rumor akuisisi tersebut sama sekali tidak benar.

“Beberapa tahun terakhir memang ada tawaran yang datang kepada Tokopedia. Namun di setiap kesempatan tersebut tidak pernah sekali pun terbesit dalam pikiran kami membangun sebuah perusahaan untuk dijual,” ungkap William pada TechInAsia.

Bahkan CEO Tokopedia mengatakan, ia akan sangat hati-hati dalam memilih investor, dimana ia memilih investor yanv percaya dengan visi dan misi perusahaan untuk menujuh satu tujuan mengembangkan Tokopedia.

“Kami secara sangat selektif memilih investor yang bisa mengantarkan Tokopedia sebagai perusahaan Indonesia yang berkancah di panggung dunia,” ujar William.

Pemilihan Alibaba sebagai investor untuk Tokopedia, William mengatakan katena jam terbang dari Alibaba sangat banyak di bisnis Toko online, bahkan Alibaba sangat agresif.

“Buat kami ini adalah sebuah milestone yang penting, karena Tokopedia kini bisa belajar kepada sebuah organisasi yang kami anggap sebagai role-model dalam bisnis marketplace ,” kata William. 

“Dengan kerja sama ini kami yakin mampu mengakselerasi misi kami dalam pemerataan ekonomi secara digital.”

Penggunaan dana investasi terbaru tersebut akan digunakan Tokopedia untuk mempercepat pertumbuhan mereka dengan cara membangun pusat riset di kawasan Asia Tenggara. Bahkan William akan menggunakan orang-orang terbaik untuk mengesekusi ambisinya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X