Top

Berikut Spesifikasi dan Keunggulan Pesawat Buatan PTDI N219

Pesawat N219 buatan PT DI dan Lapan. Foto via Aviatren
Pesawat N219 buatan PT DI dan Lapan. Foto via Aviatren

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Tanggal 16 Agustus 2017 kemarin menjadi hal yang membanggakan bagi industri penerbangan Indonesia sejak tahun 1997. Dimana Pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bersama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sukses melakukan tes terbang di langit Indonesia.

Dalam proses pembuatan Pesawat ini sepenuhnya dikerjakan oleh para Insinyur Indonesia. Menurut Chife Enginnering pesawat N219, Palmana Bhanandi. Pesawat ini memiliki spesifikasi paling tinggi dikelasnya.

Berikut kami paparkan spesifikasi dan keunggulan Pesawat buatan Indonesia N219.

Spesifikasi lengkap Pesawat N219

Pesawat ini ditujukan untuk penerbangan perintis di Indonesia. Pesawat pertama N219 meniliki mesin yang mempunyai tenaga sepasang engine Partt and Whitney PT6A-52 dengan kemampuan 850 shp dan daya jelajahnya 1580 NM. Dengan menggunakan teknologi mesin turboprop, sehingga pesawat bisa melaju secara maksimal sampai 213 knot dan kecepatan terendah sampai 59 knot.

Sesuai dengan nama seri pesawat yang menggunakan angka 19, pesawat N219 memiliki kapasitas penumpang 19 orang dan 2 orang pilot.

Pesawat N219 didesain sesuai dengan kebutuhan masyarakat terutama wilayah perintis, N219 memiliki kemampuan short take off atau landing dan mudah dioperasikan pada daerah terpencil. Kemudian bisa self starting tanpa bantuan ground support unit.

Teknologi lainnya yang digunakan oleh N219 adalah menggunakan common technology sehingga harga pesawat bisa lebih murah dengan biaya operasi dan pemiliharaan yang rendah.

Lalu, N219 juga dilengkapi dengan dukungan teknologi avionik canggih yakni Garming G-1000 dengan Flight Managment System. Untuk teknologi navigasi, pesawat ini dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS) serta memiliki sistem Autopilot dan Terrain Awareness and Warming System.

Keunggulan Pesawat N219

Dengan spesifikasi yang dimiliki oleh Pesawat N219, membuat burung besi milik PTDI dan LAPAN ini memiliki beberapa keunggulan. Seperti memiliki kecepatan maksimum 213 knot dan minimum di 59 knot, membuat pesawat ini bisa diandalkan ketika memasuki wilayah pegunungan yang mempunyai tebing-tebing tinggi.

Dengan dilengkapi teknologi Terrain Awareness and Warming System atau alat yang bisa mendeteksi medan dilalui oleh N219. Sistem dalam pesawat ini juga memberikan tanda visual secara 3 dimensi, sehingga pilot bisa melihat langsung kondisi perbukitan yang dilaluinya.

Pesawat ini memiliki nose landing gear dan main landing gear tetap, atau dengan kata lain ban pesawat tidak dapat dimasukan ke dalam pesawat saat terbang sehingga akan memudahkan pesawat melakukan pendaratan di landasan yang tidak beraspal bahkan berbatu.

Tak sampai disitu saja, keunggulan N219 di dukung dengan Multihop Capability Fuel Tank, sehingga memungkinkan pesawat tak perlu mengisi ulang bahan bakar untuk melanjutkan penerbangan ke rute berikutnya.

Itulah beberapa spesifikasi dan keunggulan dari Pesawat yang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia dan LAPAN. Semoga saja dengan kehadiran pesawat ini bisa mengembalikan semangat Indonesia yang pernah tertundah di tahun 90-an ketika itu dipimpin BJ Habibie. Dimana ketika itu ambisi Indonesia ialah mengembangkan Dunia Kedirgantaraan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X