Tips & Trik

Tertipu Lewat Transaksi Online, Cek Rekening Penipu di Situs Ini

Screenshot CekRekening.id

Assalamu’allaikum…

Tertipu Lewat Transaksi Online, Cek Rekening Disini. Rizensia.com – Berbelanja melalui layanan online memang menawarkan kemudahan dalam melakukan pembelian barang yang Anda sukai, tetapi jika tidak waspada dalam melakukan transaksi, maka bisa jadi Anda menjadi korban penipuan.

Karena dalam bertransaksi online sangat dibutuhkan kewaspadaan Anda, agar nantinya tidak menjadi korban penipuan.

Lalu, bagaimana dengan Anda yang sudah menjadi korban penipuan dari oknum-oknum tak bertanggung jawab tersebut, sepertinya selain melaporkan kasus penipuan tersebut kepada pihak berwajib bisa juga melalui situs CekRekening.id.

Situs CekRekening.id adalah salah satu situs yang membantu korban penipuan pemilik rekening perbankan untuk melaporkan nomor rekening sih pelaku penipuan. Tak hanya itu saja, situs ini juga bisa dimanfaatkan untuk waspada sebelum melakukan transaksi transfer online.

Kementerian Komunikasi dan Informasi sebagai pengembang situs ini menjelasakan, bahwa Rekening yang bisa dilaporkan pada CekRekening.id seperti tindak pidana penipuan, investasi palsu, narkotika/obat terlarang, terorisme dan kejahatan lainnya,” tulis Kominfo.

Cara Penggunaan Situs CekRekening.id

Untuk menggunakan layanan portal ini, Anda cukup memasukan nomor rekening tujuan beserta nama bank. Selanjutnya Anda menekan tombol ‘Periksa Rekening’. Nantinya akan muncul data hasil pengecekan rekening.

Kemudian data-data yang di tampilkan seperti berapa kali nomor rekening itu dilaporkan, status verifikasi dan jumlah laporannya bagaimana.

Perhatian!

Akan tetapi, Anda juga perlu waspada karena dalam pengecekan nomor rekening bisa jadi nomor tersebut belum pernah dilaporkan. Sehingga nomor rekening tersebut bisa terindikasi tidak aman dan tidak terpercaya.

Cara Membuat Laporan Di CekRekening.id

Dalam membuat laporan di CekRekening.id tentang rekening tertentu, Anda harus memasukan sejumlah informasi rekening yang dimaksud seperti, nama bank, nomor rekening, nama pemilik, kategori kejahatan, dan kronologi kejahatan.

Tak hanya itu, Anda diharuskan melampirkan bukti seperti gambar transfer, bukti pembayaran, bukti percakapan dan lainnya.

Kemudian, laporan yang telah dimasukkan ke situs tersebut harus melalui proses verifikasi terlebih dahulu dan membutuhkan informasi pribadi Anda untuk di masukan kedalam form selanjutnya.

Lalu, jika tuduhan yang diberikan tidak benar, maka situs ini juga menyediakan mekanisme normalisasi rekening yang dilaporkan.

Jadi pemilik rekening yang dilaporkan harus memberi penjelasan dengan disertai sanggaha aduan pelapor. Secara tak langsung di situs ini juga kedua bela pihak bisa didamaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X