Otomotif, Tips & Trik

Cara Ampuh Mengetahui Waktu Motor Anda Ganti Oli

Ganti Oli Motor Anda. Foto via Okezone.com

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Sering kali dalam menggunakan kendaraan secara tak sadar melupakan waktu penggantian oli motor. Padahal penggantian oli motor sangat penting tujuannya demi menjaga performa dan keawetan mesin.

Tapi apa mau dikata, faktor lupa sering kali membuat motor menjadi korban akibat lambat dalam mengganti oli.

Nah, untuk mesiasati agar tidak lambat dalam mengganti oli motor, ada beberapa tanda-tanda yang harus dikatahui agar tidak lambat dalam mengganti oli mesin. Berikut Rizensia.com bagikan tipsnya :

Akselerasi Motor Menurun

Tanda ini Anda harus ketahui. Oli yang berfungsi untuk melumasi komponen mesin ini, jika lambat dalam mengganti oli maka akan berdampak pada tarikan motor. Tarikan motor akan terasa berat dan membuat suara mesin menjadi lebih kasar.

Keluarnya Aroma Bau Hangus

Akibat lambat dalam mengganti oli mesin, membuat mesin motor Anda mengeluarkan bau hangus akibat oli motor yang sudah tidak layak digunakan.

Mesin Menjadi Cepat Panas

Oli juga berfungsi untuk mendinginkan mesin, jika oli terlampau lama digunakan maka fungsi oli untuk mendinginkan mesin menjadi hilang. Akibatnya mesin motor Anda menjadi cepat panas.

Itulah beberapa “Cara Ampuh Mengetahui Waktu Motor Anda Ganti Oli” untuk mengetahui oli mesin Anda belum di ganti, selain melihat jarak tempuh motor dan menlihat volume oli. Semoga bermanfaat…. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X