Lifestyle, Ramadan, Tips & Trik

Ternyata Berpuasa Bisa Menyehatkan Paru-paru Anda

Paru-paru. Foto via obatparuparu.org

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Dalam agama Islam hampir semua perintah ibadah yang di tujuhkan kepada penganutnya mempunyai manfaat pada kesehatan. Salah satunya perintah berpuasa dibulan suci Ramadan, ternyata terbukti mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Berbagai penyakit dipercaya dapat diatasi dengan berpuasa, salah satunya bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru kita. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan sekaligus Guru Besar Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI, Prof. Tjandra Yoga Aditama.

Berikut manfaat puasa bagi kesehatan bagi paru-paru yang dikutip dari Sindonews.com :

Perbaikan volume paru-paru

Sebagian besar penelitian menunjukkan, fungsi paru dan pernapasan tidak memiliki perbedaan sebelum atau sesudah Ramadan. Namun, penelitian di Arab menunjukkan adanya perbaikan volume paru pada saat puasa, di duga karena perbaikan berat badan yang terjadi.

Waktu terbaik melepas kebiasaan merokok

Di bulan Ramadan sangat cocok buat kamu yang ingin lepas dari kebiasaan merokok. Dengan berpuasa dari waktu sahur hingga magrib, kemudian ditambah dengan waktu shalat tarawih di masjid bisa menjadi cara Anda lepas dari kebiasaan merokok.

Ketenangan hidup

Dalam berpuasa kita di ajarkan untuk menahan hawa nafsu, lapar, haus, dan dianjurkan untuk lebih dekat kepada sang pencipta. Hal inilah yang membuat banyak penelitian menunjukkan puasa memberikan kedamaian dan ketenangan hidup. Hal ini tentu akan juga berpengaruh positif terhadap kesehatan paru dan pernapasan.

Mengurangi risiko tuberkulosis (TB)

Penelitian di Universitas Brawijaya yang dipublikasi internasional mengungkapkan, puasa membuat pertahanan tubuh terhadap penyakit tuberkulosis melalui peran makrofag dan sel mononuklear darah tepi untuk mengatasi penurunan kemampuan serum membunuh bakteri tuberkulosis. Puasa juga dipercaya dapat mengurangi risiko terinfeksi tuberkulosis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X