Lifestyle, Tips & Trik

4 Tips Memilih Tempat Berbuka Puasa Bersama Keluaraga Atau Teman

Ilustrasi. Screenshot via DuniaTimTeng.com

Assalamu’allaikum…..

Dalam berpuasa dibulan suci Ramadan kita diajarkan untuk menahan hawa nafsu, dari waktu Subuh hingga waktu Magrib. Nah, biasanya ketika berbuka puasa ingin menikmati berbuka puasa bersama keluarga atau bersama teman-teman. Karena di waktu ini sangat cocok untuk memperkuat jalinan talisilaturahmi dan kebersamaan kita bersama keluarga atau pun teman-teman. Sehingga kebiasaan membuat acara berbuka bersama sudah menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan

Berbicara soal tempat, sebenarnya banyak sekali pilihan tempat yang bisa digunakan untuk berbuka puasa bersama mulai dari Cafe, restorant, hingga taman pun bisa dijadikan sebagai tempat untuk berbuka puasa bersama.

Namun, dari banyaknya kriteria tempat yang cocok untuk berbuka puasa bersama keluarga atau teman-temanmu. Rizensia sedikit memberikan tips dalam memilih tempat untuk berbuka puasa.

1. Pilih tempat yang diketahui oleh temanmu.

Dalam memilih tempat kita pun harus memastikan terlebih dahulu, apakah anggota keluarga atau teman-temanmu mengetahui tempat itu atau tidak. Jangan sampai ada dari salah satu anggota keluarga atau temanmu yang tidak mengetahui tepat itu, bahkan tidak menyukai tempat yang Anda pilih tersebut.

2. Pilih tempat yang bisa seru-seruan.

Tak dipungkiri lagi jika bertemu dengan teman canda dan tawa menjadi hal yang lumrah terjadi. Keseruan seperti ini sudah pasti akan terjadi, maka dalam memilih tempat pastikan tempat tersebut cocok buat hal seperti itu. Sehingga ketika Anda bersama teman-teman bisa bercengkrama tanpa ada larangan karena ribut akibat canda dan tawa yang terjadi.

3. Cari tempat yang mudah untuk dijangkau.

Dalam memiih tempat kita harus mempertimbangkan akses menuju ke tempat berbuka puasa. Jika tempat berbuka puasa yang ditentukan jauh, pasti temanmu akan berfikir dua kali untuk datang. Apalagi rela mengorbankan berbuka puasa bersama keluarga demi berbuka puasa di tempat yang jauh. Pastikan Anda memperhatikan hal yang satu ini.

4. Cari tempat yang dekat dengan Masjid.

Biasanya dalam memilih tempat makan untuk berbuka puasa bersama sering melupakan syarat ini. Bagaimana akses untuk shalat ke masjid mudah atau tidak? Sehingga ketika waktu berbuka tiba, kita pun tidak melalaikan kewajiban kita yaitu menunaikan Shalat Magrib tepat waktu.

Shalat wajib tepat pada waktunya mempunyai keutamaan tersendiri, apalagi jika kita mengamalkannya di bulan puasa tentu keutamaannya akan dilipat gandakan lagi.

Abdullah Ibnu Mas’ud RA berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, amal perbuatan apa yang paling afdhal?” Beliau menjawab, “Shalat tepat pada waktunya.” Aku bertanya lagi, “Lalu apa lagi?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi, “Kemudian apa lagi, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari)

Kemudian dari Utsman bin ‘Affan RA berkata; “Barang siapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu :

  1. Dicintai Allah
  2. Badannya selalu sehat;
  3. Keberadaannya selalu dijaga malaikat;
  4. Rumahnya diberkahi;
  5. Wajahnya menampakkan jati diri orang shalih;
  6. Hatinya dilunakkan oleh Allah;
  7. Dia akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat;
  8. dia akan diselamatkan Allah dari api neraka; dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati”

Semoga kita tergolong orang yang bisa menunaikan Shalat 5 waktu tepat pada waktunya.

Itulah 4 Tips Memilih Tempat Berbuka Puasa Bersama Keluaraga Atau Teman, semoga bermanfaat kurang lebihnya admin mohon maaf. Wasalam….. 🙂 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X