Tips & Trik

Sebelum Memilih Menggunakan Layanan 4G, Terlebih Dahulu Cek Jangkauan Signalnya

Assalamu’allaikum….

Sekarang ini jaringan 4G LTE menjadi jaringan yang ditawarkan oleh operator Indonesia, karena jaringan ini menjanjikan kecepatan akses internet lebih baik ketimbang 3G, atau 3,5G.

Ilustrasi 4G. Foto via Republika.co.id

Meski menawarkan kecepatan akses internet yang begitu cepat, tetapi cakupan 4G LTE belum seluas 3G. Sehingga Anda harus berhati-hati jika Anda ingin menggunakan jaringan 4G dari operator, jangan sampai Anda tergiur dengan penawaran paket 4G akan tetapi jangkauan jaringan 4G-nya belum menyentuh wilayah Anda, sehingga paket 4G yang Anda beli tadi akan menjadi sia-sia.

Nah, untuk menghindari kejadian seperti itu, Anda harus memastikan terlebih dahulu tentang keberadaan jaringan 4G di wilayah Anda. Salah satu caranya dengan menggunakan Aplikasi pemetaan jaringan signal operator.

Melalui aplikasi tersebut Anda dengan mudah mengetahui pemetaan jaringan, apakah wilayah rumah/kantor Anda sudah terjangkau oleh jaringan 4G atau belum. Sehingga Anda bisa meminimalisir kerugian akibat salah memilih operator.

Aplikasi yang Admin maksud adalah OpenSignal, di dalam aplikasi ini Anda bisa dengan mudah mengetahui jangkauan signal dari operator. Kemudian aplikasi ini pun telah mendukung OS Android dan iOS. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih layanan 4G dari Operator.

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X