Otomotif, Tips & Trik

Memakai Seatbelt Cara Teraman Mengendarai Mobil

Assalamu’alaikum….

Rizensia beberapa waktu yang lalu telah memposting artikel tentang “Alasan Orang Tidak Memakai Sabuk Pengaman”, padahal menggunakan sabuk pengaman adalah usaha kita untuk meminimalisir terjadinya cedera pada pengendara dan penumpang.

Ilustrasi. Foto via mobi88.astra.co.id
Pentingnya menggunakan seatbelt.

Sangking pentingnya Seatbelt (sabuk pengaman) bagi sih pengendara dan penumpang, membuat beberapa pabrikan mengkampayekan untuk menggunakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil. Ini perlu di apresiasi oleh kita, bahwa pabrikan kendaraan mobil berusaha untuk melindungi konsumennya dengan cara mengkampanyekan menggunakan sabuk pengaman.

Baca Juga : 5 Alasan Yang Membuat Orang Tak Memakai Sabuk Pengaman

Banyak pengendara yang beranggapan bahwa penggunaan sabuk pengaman tidak begitu penting, bahkan dianggap menggangu pergerakan sih pengemudi dan penumpang. Kemudian banyak pengemudi yang hanya mengandalkan pengaman lain seperti airbags (kantung udara).

Padahal perlu kita ketahui bahwa airbags hanya berfungsi ketika terjadi benturan yang sangat keras. Sendangkan seatbelt (sabuk pengaman) akan mencegah pengemudi dan penumpang agar tidak terlempar keluar mobil saat terjadinya benturan atau tabrakan.

Berikut ini Rizensia bagikan beberapa hal yang penting terkait penggunaan seatbelt, yang diolah dari laman mobil88:

  • Penggunaan saetbelt untuk pengemudi dan penumpang bertujuan mencegah terbentur ke kemudi atau dashboard mobil.
  • Gunakanlah seatbelt dengan posisi yang senyaman mungkin dan proposional.
  • Jangan lupa untuk menggunakaan seatbelt saat berpergian menggunakan mobil meski itu dekat.
  • Lengkapi seatbelt dengan pretensioner dan force limiter. Pretensioner bekerja untuk menarik seatbelt saat terjadinya benturan, sehingga pengemudi dan penumpang tetap aman berada di posisinya. Sendangkan Force limiter akan menghindarkan pengemudi dan penumpang dari cedera pada tubuh.
  • Patuhi peraturan lalu lintas untuk selalu menggunakan seatbelt, karena aturan tersebut pada dasarnya untuk mengamankan diri pengemudi atau penumpang. Jangan pernah menganggap remeh penggunaan seatbelt, karena pengendara sekelas pembalap mobil  saja menggunakan apalagi kita tentu harus menggunakan seatbelt.

Semoga artikel kali ini bermanfaat, salam penuh persahabatan. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X