Otomotif, Tips & Trik

Kotoran Pada Kampas Rem Sepeda Motor Memicu Rem Blong

Assalamu’alaikum….

Pentingnya memperhatikan sepeda motor Anda secara berkala agar saat digunaan tetap aman dan nyaman, salah satu komponen yang perlu Anda perhatikan ialah Rem. Rem yang mempunyai fungsi untuk memperlambat  putaran ban tentu sangat penting untuk diperhatikan kondisinya.

Kampas Rem. Foto via Metrotvnews.com

Dengan sering mengecek kondisi rem, tentu membuat Anda sebagai pengendara akan merasa dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda pernah merasakan rem cakram Sepeda Motor menjadi blong, padahal saat dicek kampas rem terlihat masih tebal.

Apakah yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?

Penyebabnya dari kurang pakemnya rem cakram salah satunya adalah terdapat kotoran, kotoran tersebut menghambat kinerja dari kampas rem saat menyentu piringan cakram dan membuat licin. Hal seperti ini  juga bisa terjadi pada rem jenis tromol, akibat banyaknya kotoran di tromol membuat kampas rem menjadi kurang maksimal dalam bekerja.

Jalan keluarnya ialah dengan cara membersikan kampas rem secara berkala, dengan cara ini juga Anda bisa melihat apakah kampas dalam kondisi baik atau minta ganti (aus).

Kalau untuk membersikan kampas dari kotoran Anda bisa menggunakan air, dengan cara menyiramkan ke bagian kampas. Khusus buat rem tromol sebaiknya Anda membongkarnya, kemudian keluarkan kotoran didalamnya agar fungsi rem menjadi lebih maksimal saat berkendara. Semoga informasi ini bisa membantu Anda, salam… 🙂

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X