Otomotif, Tips & Trik

Kebocoran Pada Knalpot Kendaraan Bikin Tenaga Mesin Menjadi Loyo

Knalpot bocor membuat tenaga menjadi loyo. Foto via belajar.kemdikbud.go.id
Knalpot bocor membuat tenaga menjadi loyo. Foto via belajar.kemdikbud.go.id
Assalamu’alaikum…..
Jangan anggap knalpot hanya berguna sebagai saluran gas buang saja, tetapi komponen ini juga bisa mempengaruhi performa mesin. Jika kondisi knalpot baik, tentunya akan membuat performa mesin menjadi baik juga. Tapi sebaliknya, jika kondisi knalpot bocor tentu membuat tenaga mesin menjadi loyo.Hal ini dikarenakan mesin kendaraan memanfaatkan 25 persen panas yang dihasilkan untuk menjadi tenaga, jika knalpot bocor tentu akan mengurangi jumlah tenaga yang disalurkan ke mesin dan membuat mesin menjadi tidak bertenaga.

Lalu, apa yang dilakukan jika knalpot bocor? 

Tentu yang harus dilakukan ialah memperbaiki knalpot dengan cara mengelas bagian knapot yang bocor. Sebelum membawah kenalpot ketukang las, sebaiknya Anda melakukan pengecekan pada knalpot. Apakah knalpot tersebut ada bagian yang sudah mulai keropos atau belum. Jika ada bagian yang keropos, sebaiknya ganti knalpot dengan yang baru.

Apa penyebab knalpot menjadi bocor?

Bocornya knalpot dipicu oleh beberapa faktor, seperti disebabkan oleh korosi/karatan dan usia kendaraan yang sudah tua. Korosi sendiri terjadi akibat adanya perbedaan tempratur didala dan luar pipa knaalpot, seperti udara seitar yang mengandung kadar garam yang cukup tinggi.

Jika Anda merasa kendaraan mobil atau sepeda motor tenaganya mulai loyo, salah satu komponen yang perlu di perhatikan kondisinya adalah knalpot kendaraan Anda. Semoga info kali ini bermanfaat ya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X