Tips & Trik

Tips Dari Bos Norton: Menghindari Kejahatan Online

Ilustrasi. Foto (Indotelko)

Assalamu’alaikum…

Norton merupakan salah satu perusahaan bidang keamanan cyber terkemuka di dunia, membagikan beberapa tips agar Anda tetap aman ketika melakukan aktivitas online.

Tips tersebut di sampaikan oleh Direktur Asia Consumer Business Norton by Symantec Choon Hoon Chee yang mengungkapkan beberapa fakta yang mencengangkan, ia mengungkapkan bahwa sebanyak 25.452.463 orang Indonesia telah menjadi korban kejahatan online dalam beberapa waktu terakhir.

Kemudian, ia memberikan beberapa tips aman ketika melakukan aktivitas online. Informasi ini Rizensia olah dari laman Antaranews. Diantaranya iyalah:

Pilih Password Yang Unik

“Pilih pasword yang unik, cerdas, dan aman untuk setiap akun online yang Anda miliki,” selanjutnya ia mengataka bahwa dia selalu mengganti passwordnya setiap dua menit sekali demi keamanan. :0

Hapus Email Yang Tidak Dikenal

Direktur norton tersebut juga menyarankan untuk menghapus email dari pengirim yang tidak dikenal dan jangan klik lampiran atau link pada email yang terihat mencurigakan.

Waspada Terhadap Tawaran Disosmed

Jika terdapat tawaran yang nampak terlalu menarik pada situs media sosial, hal itu mungkin saja berbahaya. 
Lanjutnya, “Waspada lah terhadap perangkat untuk mengklik link dari situs media sosial. Sebelum mengklik, arahkan mouse ke link untuk melihat tujuannya. Hanya klik pada link yang mengarah ke halaman perusahaan terkemuka dan resmi,” tutur direktur norton tersebut.

Selalu Memantau Akun Rekening Keuangan

Ia menambahkan agar selalu memantau akun rekening keuangan terkait aktivitas yang tidak biasa. Hoon Chee mengimbau apabila ada transaksi yang dirasa tidak dilakukan, agar segera laporkan karena seringkali penjahat cyber akan melakukan tes transaksi dalam jumlah kecil sebelum mencoba untuk mennguras rekening bank.

Instal Norton Security

Nah untuk mengamankan perangkat Anda dari kejahatan cyber, Hoon Chee menyarankan “Jangaan menunda menginsatal software keamanan seperti Norton Security dan memperbaruhinya secara teratur.”

Menggunakan Solusi Backup Aman

Hoon Chee menyarankan agar mengunakan solusi backup aman untuk melindungi file dan backup secara teratur sehingga penjahat tidak dapat menggunakan sebagai tebusan.

Laporkan Kejahatan Cyber Ke Polisi

Jika Anda sudah terkena kejahatan cyber, Hoon Chee mengatakan “Laporkan kejahatan cyber ke polisi dalam bisang cyber maupun polisi lokal jika Anda telah terkena kejahatan cyver auat pencurian identitas.”
Kesimpulan:
Satu hal yang perlu Anda tekankan, iyalah. Dalam melakukan aktivitas online apapun itu, untuk tetap berhati-hati agar Anda terhidar dari kejahatan cyber. Itulah beberapa tips dari bos Norton Symantec semoga informasi ini bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X