Lifestyle, Tips & Trik

Tips Mengonsumsi Coklat Yang Baik Bagi Kesehatan

Ilustrasi Coklat. Foto (syashop)

Assalamu’allaikum….

Siapa sih yang tidak menyukai coklat? pastinya semuanya suka. Coklat di samping enak dimakan, ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di dalam coklat ternyata mengandung zat flavanol yaitu zat yang memiliki efek antioksidan karena mampu mengurangi kerusakan sel yang mempengaruhi kesehatan seperti penyakit jantung.

Manfaat coklat lainnya untuk kesehatan yaitu menurunkan tekanan darah rendah, meningkatkan HDL (High-density-lipoprotein) yang di kenal sebagi kolestrol baik, mencegah diabetes, dan memperlancar aliran darah. Beberapa efek negatif yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi coklat secara berlebihan seperti memicu munculnya jerawat dan juga memicu naiknya berat badan.

Lalu, Bagaimana tips mengkonsumsi coklat yang baik bagi kesehatan?

Dipasaran banyak coklat kemasan yang di jual mengandung bahan tambahan sehingga mengakibatkan peningkatan kandungan lemak, gula, serta kalori. Ini justru membuat kita yang mengkonsumsinya secara tidak langsung akan meningkatkan berat badan yang berujung pada resiko terkena penyakit.

Biji kakao atau coklat pada dasarnya mengandung zat gula dan lemak yang rendah. Sementara itu kulit ari dari biji kakao yang belum diproses memiliki serat tidak larut.

Nah, untuk mengambil manfaat coklat bagi kesehatan tidaklah sulit, hanya dengan memilih kakao tanpa pemanis yang dapat disajikan bersama susu rendah lemak, bubur gandum, atau makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Tahuka Anda? Bahwa satu sendok makan bubuk kakao tanpa tambahan pemanis mengandung 20 kalori, sekitar 0,5 gram lemak, dan 1 ram serat. Kakao jenis ini tidak mengandung lemak jenuh.

Berbeda halnya dengan coklat susu, 56 gram coklat susu rata-rata menandung 270 kalori, 17 gram lemak, dan 10 gram lemak jenuh. Coklat susu sama sekali tidak mengandung serat.

Kemudian, bagaimana cara kita menghindari produk coklat yang mempunyai banyak bahan tambahan dan pemanis yang berlebih. Caranya mudah, jadilah pembeli yang cerdas, sebelum Anda membeli produk coklat sebaiknya periksa terlebih dahulu label pada kemasan dari produk yang akan Anda beli. Pilihlah produk yang memiliki kandungan kadar nutrisi tinggih seperti protein, kalsium, serat, vitamin A dan C, zat besi, Lemak tidak jenuh tunggal dan ganda. selanjutnya produk tersebut memiliki kandungan nutrisi rendah seperti gula, lemak, lemak jenuh, dan garam. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X