Tips & Trik

Info Buat Ibu: Seperti Ini 5 Jenis Tangisan Bayi Beserta Artinya

Ilustrasi. Foto (Okezone)
Assalamu’alaikum….
Pada artikel sebelumnya Rizensia telah membahas tentang Aplikasi yang bisa membantu para orang tua dalam mengenali arti dari tangisan bayi. Nah, pada kali ini Saya akan membahas cara mengenali arti tangisan bayi secara manual. Ya!!, secara manual tanpa menggunakan software apa pun.
Menurut Priscilla Dunstan, dalam bukunya yang berjudul Dunstan Baby Language (DBL) ada lima jenis tangisan bayi, dimana arti dari tangisan tersebut berbeda-beda. Jadi, Anda sebagai ibu tentu harus mengenali dan mempelajari kelima jenis tangisan tersebut.
Berikut ini Rizensia akan menjelaskannya:

Tangisan Lapar

Saat lapar umumnya tangisan bayi akan lebih keras dan berlangsung lama. Tangisan seperti ini, akan terdengar seperti “neh” yang panjang dan akan terputus saat bayi mengambil napas untuk melanjutkan kembali tangsannya. Dengan begitu Anda harus memberikan ia ASI.

Tangisan Lelah

Tangisan ini akan terdengar merengek dengan raungan yang sedikit melengking. Efek suara seperti “owh” terdengar dan terkadang membuat bayimu sedikit bergetar atau menggigil.

Tangisan Ingin Bersendawa

Tangisan ini umumnya berbunyi “eh” yang panjang, ini mengindikasikan bahwa bayi Anda ingin bersendawa. Maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan menggendong bayi dan tepuk-tepuk puggungnya untuk membanu bayi sampai mengeluarkan udara tersebut dengan mudah.

Tangisan Tidak Nyaman

Ketika bayi merasa tidak nyaman ia akan mengeluarkan suara tangisan seperti “heh” yang melengking denagn napas sedikit tersendat. Maka cobalah untuk mengecek popoknya apakah basah, gatal, atau bayimu merasa gerah.

Tangisan Ingin Buang Gas

Jika kamu mendengar tangisan bayi seperti “eir” itu berarti tanda bahwa bayimu ingin buang gas. Tanda lainnya disaat menangis, bayimu akan mengangkat kedua kakinya.
Tips diatas telah dilakukan diberbagai negara dan telah terbukti efektif dalam mengenali jenis tangisan bayi.
Itulah beberapa Tips dan Trik buat Anda para Ibu yang baru saja mempunyai bayi, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dalam mengurusi bayi bagi para Ibu sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X