Lifestyle, Tips & Trik

Tips Mudah dan Ampuh Memperlancar BAB

Assalamu’allaikum….

Ilustrasi. Foto (Thinkstock/gpointstudio)

Susah Buang Air Besar (BAB) membuat perut menjadi kurang nyaman, karena kotoran yang semestinya harus keluar dari tubuh menjadi terhambat. Orang yang menderita sembelit, disaat makan perut menjadi kurang nikmat lantaran proses pencernaan terhambat. Nah, disaat menghadapi keadaan seperti ini biasanya kita langsung meminum obat perlancar BAB agar proses pembuangan kotoran menjadi lancar.

Untuk menghindari terjadinya sembelit salah satu cara yang di anjurkan iyalah memakan buah-buahan atau sayuran, karena penyebab dari terjadinya sembelit adalah kurangnya pasokan serat dan air di dalam tubuh. Serat dari buah dan sayur sangat baik untuk memperlancar pencernaan seperti BAB.

Namun ada cara mudah dan ampuh untuk memperlancar BAB, yaitu dengan meminum air hangat. Air hangat ternyata cukup efektif dalam memperlancar kotoran yang menumpuk di saluran pembuangan agar mudah keluar melalui anus. Air Hangat mampu memperlebar pembuluh dara di usus dan mengaktifkan sistem pencernaan.

Di kutip dari laman merdeka, “Hangatnya suhu air yang masuk ke dalam tubuh dapat memperlebar pembuluh darah di dalam sistem pencernaan Anda. Sehingga aliran darah akan meningkat dan aktivitas sistem pencernaan bertambah. Gerakan usus dalam membuang kotoran pun juga akan meningkat. Hasilnya, Anda pun bisa terhindar dari sulitnya buang air besar,” kata Dr Felice Schnoll-Sussman, gastroenterologist di Weill Medical College of Cornell University.

Perlu di ingat!! sebelum sembelit menghantui Anda, maka mulailah hidup sehat dengan melakukan gerakan olahraga. Meskipun itu hanya berupa gerakan ringan. Semoga artikel ini bermanfaat. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X