Teknologi

Sinyal FM di Negara Ini Telah Diganti Dengan Teknologi DAB

Radio Digital
Ilustrasi Radio Digital via CNN Indonesia

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Negara Norwegia menjadi negara pertama yang berhasil mematikan sinyal FM secara nasional, sehingga acara-acara yang disiarkan oleh lembaga penyiaran nasional Norwegia, NRK sekarang hanya bisa didengar melalui radio digital.

Hal ini tentunya menjadikan negara Norwegia sebagai negara pertama yang mengalihkan seluruh siaran radionya ke teknologi terbaru dimana melalui DAB (Digital Audio Broadcasting).

Menurut Kementerian Budaya Norwegia mengumumkan bahwa negaranya akan menutup radio FM terhitung 11 Januari 2017 mendatang. Keputusan ini menjadikan negara Skandinavia itu sebagai yang pertama untuk menghapus saluran radio FM (frequency modulattion).

Saluran DAB sendiri di Negara Norwegia sudah tersedia sejak tahun 1995. DAB plus menjadi bentuk pembaruan dari teknologi DAB sendiri yang sudah dinikmati sejak 2007 silam. Widvey mengagakan, nantinya akan menjadi hak dari penyiar radio untuk memilih teknologi mana antara DAB dan DAB Plus.

DAB adalah teknologi siaran audio digital dimana menawarkan kualitas suara yang lebih baik dan beragam, serta terdapat fitur baru yang bisa membuat Anda lebih nyaman dalam mendengarkan Radio jika dibandingkan dengan FM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *