Teknologi

6 Kota Teknologi Yang Ada di Dunia

Markas Google di Sillicon Valley, gambar via Kompas tekno

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Teknologi menjadi alat yang sangat membantu aktifitas dunia, bahkan dijaman sekarang ini telah banyak perusahaan teknologi yang berkembang memberikan warna yang berbeda dikehidupan masyarakat dunia. Beberapa perusahaan besar dunia bahkan mempunyai markas yang sekota, bahkan ada yang berdekatan. Di tempat itulah semua perusahaan tumbuh dengan sangat cepat dan bersaing antara satu dengan yang lain.

Mungkin Anda tidak asing dengan nama kota Silicon Valley, kota ini dijuluki sebagai kota teknologi. Karena disini terdapat banyak perusahaan teknologi yang memusatkan perkantorannya di kota ini.

Berikut ini kami bagikan 6 Kota Teknologi yang ada di dunia :

Silicon Valley

Kota ini menjadi Kota Teknologi yang paling terkenal didunia dan menjadi tempat tinggalnya beberapa perusahaan teknologi besar di dunia.

Kota ini sebenarnya adalah julukan untuk wilayah Santa Clara County di sekitar kota San Jose, California Utara. Di sini merupakan markas dari berbagai perusahaan teknologi besar dan ribuan start up.
Kota ini membentang lebih dari 72 kilometer, Silicon Valley terdiri dari beberapa kota seperti Palo, Alto, Cupertino, Sunnyvale, dan Mountain View. Di kota-kota ini terdapat banyak perusahan teknologi didalamnya seperti kantor pusat Apple, Google, Intel, HP, Oracle, Facebook, Adobe, dan lain-lain.

Tempat ini menjadi pusat penelitian dan pusat teknologi dunia. Banyak orang dari seluruh dunia yang ingin mengunjungi tempat ini. Kabarnya, Perusahaan Hewlett Packard atau HP, disebut-sebut sebagai perusahaan yang pertama kali hadir di tempat ini pada tahun 1939. Setelah perang terjadi, para insinyur dan ahli teknologi berkumpul dan membuat berbagai teknologi revolusioner, seperti Intel dan Apple.

Shezhen

Jika Amerika punya Silicon Valley, maka lain lagi dengan China. Negara ekonomi terbesar didunia ini juga mempunyai kota Teknologi Shezhen, kota ini pada tahun 1979 adalah sebuah desa nelayan dimana sekarang menjadi kota pemasok alat-alat elektronik dunia bahkan diperkirakan Shenzen 90% alat elektronik dunia berasal dari Kota Ini.

Kapitalisme dan komunisme memang bercampur di tempat ini, akan tetapi tahukah Anda? Bahwa di tempat inilah iPhone pertama kali keluar. iPhone mungkin mengatakan dirancang di California, tetapi sebenarnya iPhone lahir di Shenzen.
Foxconn, pembuat berbagai alat untuk Apple, Microsoft, Sony, dan ratusan elektronik dunia diproduksi di sini. Pusat manufaktur dunia di abad ke-21 bahkan berganti dari Taiwan ke Shenzhen.

Di kota ini, banyak startup. desainer produk, dan orang yang memberikan modal besar. Di sinilah berbagai peralatan elektronik dunia diproduksi hingga saat ini.

Stockholm

Anda mengenal tidak dengan layanan seperti Spotify, Linux, Candy Crush, Skype, dan Minecraft pencipta Mojang semua berasal dari kota Stockholm, Swedia. Ibu kota Swedia ini menjadi sangat terkenal karena beberapa layanan teknologi terkenal dan sukses ada di kota ini. 

Bahkan sangking banyaknya jumlahnya diperkirakan hampir sama dengan perusahaan baru di Silicon Valley, Amerika Serikat. Setidaknya sebanyak 2,9 miliar dollar yang dikirim perusahaan ekspor teknologi Nordic, lebih dari setengahnya berasal dari Swedia.

Hal yang membuat negara Swedia memiliki dasar yang sangat kuat untuk industri teknologi, di karena memiliki koneksi jaringan internet yang stabil dan keterampilan Bahasa Inggris warganya yang baik.

Tokyo

Menjadi kota teknologi selanjutnya, kota yang menjadi ibukota Jepang mengklaim dirinya sebagai kota paling hot di dunia teknologi. Walaupun China dan Korea Selatan juga terus berkembang, tetapi Tokyo menjadi kota digital yang berbeda dari lainnya. 

Di kota ini berbagai trobosan teknologi tercipta dari teknologi unik dan aneh ada disini. Salah satu contohnya adalah teknologi tusuk gigi elektronik, robot toilet, dan masih banyak lagi. Kemudian kota ini juga menjadi markas perusahaan besar seperti Sony, Panasonic, Sharp, Fujitsu, Hitachi, laptop dan smartphone juga. Selanjutnya Nikon, Canon, Epson, dan Yamaha merupakan perusahaan yang hits di Jepang.

Jepang memang merupakan negara di mana semua orang dari segala usia menerapkan berbagai teknologi canggih, dan kota yang paling menonjol adalah Tokyo. Anda bisa mencoba semua fasilitas dan teknologi canggih dan populer di kota ini.

Bengaluru

India ternyata mempunyai kota teknologi sendiri dan tak kalah jika dibandingkan dengan kota-kota teknologi sebelumnya, bahkan dari negara ini lahir para pemimpin perusahaan IT terbesar di dunia seperti di Google, Facebook, dan Microsoft. Kota Bengaluru adalah kota yang berada di bagian selatan Karnataka, India. 

Di kota ini merupakan rumah dari sejumlah perusahaan teknologi seperti Infosys, Tata Consultancy Services, dan Wipro. Mereka umumnya menangani manajemen database dan operasi untuk berbagai brand global.

Bandung dan Jogjakarta

Kota selanjutnya adalah Kota Bandung dan Jogjakarta, kedua kota ini untuk Indonesia menjadi pusat perkembabgan teknologi. Karena di kedua kota ini hadir beberapa start-up dan menjadi gudangnya masyarakat kreatif di Indonesia

“Soal industri kreatif nan maju, kota Bandung jagoannya. Bandung dan Yogyakarta jadi gudang orang-orang kreatif dan inovatif yang mampu menciptakan ide baru,” Rudiantara menuturkan dikutip dari CNN Indonesia.

Potensi besar ekonomi di bidang teknologi memang telah dicium oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Daerah Gedebage di timur Bandung pun disebut-sebut telah dipersiapkan oleh Bandung Teknopolis agar perusahaan seperti Google, Facebook dan banyak lain berkumpul.

Jadi bagaimana menurut Anda tentang Kota-kota diatas??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *