Teknologi, Top

Fakta Latar Pendidikan Para Pendiri Startup Indonesia

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Startup Indonesia sangat beragam, lahirnya startup tersebut berasal dari sebuah ide pendirinya. Kemudian direalisasikan dan kembangkan, sehingga muncullah startup seperti Anda lihat pada gambar di atas.

Data yang kami dapatkan dari riset iPrice dan Venturra terdapat 102 pendiri (founder) perusahaan rintisan atau lebih dikenal dengan StartUp sukses di Indonesia, terungkap fakta bahwa 59 orang pendiri startup tak mempunyai jenjang pendidikan di jurusan teknologi.

Tetapi sekitar 43 orang atau kurang dari separuh pendiri startup yang sukses mempunyai jenjang pendidikan di jurusan teknologi.

“Kebanyakan orang berpikir bahwa untuk merintis perusahaan berbasis teknologi, mereka harus mengambil jurusan yang berbau teknologi. Namun pada kenyataannya mayoritas dari para pendiri yang sukses tidak mempunyai latar belakang pendidikan teknologi,” ujar Senior Content Marketer, Andrew Prasatya dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews.

Presentasi 59 orang tersebut, berasal dari jurusan Finance (8), Teknik Industri (6), Ekonomi (6), Marketing (5), Akuntansi (4) dan lainnya.

Beberapa pendiri yang mengambil jurusan finance adalah Co-Founder dari GoJek Michaelangelo Moran yang saat ini menjabat sebagai brand director, Co-Founder Sociolla John Rasjid.

Beberapa pendiri yang mengambil jurusan Teknik Industri adalah CEO Snapcart Reynazran Royono dan CEO Moka Haryanto Tanjo.

Di jurusan Ekonomi ada CEO dari Bhinneka Hendrik Tio, CEO HaloDoc Jonathan Sudharta dan board director Qraved Adrian Li.

Sendangkan untuk 43 orang yang ada di jurusan teknologi, 20 orang pendiri mengambil ilmu komputer, 6 orang informasi teknologi, 4 orang sistem informasi dan teknik komputer dan ada beberapa jurusan lagi.

Beberapa pendiri yang berasal dari jurusan ilmu komputer seperti CEO Bukalapak Achmad Zaky, CEO Printerous Kevin Osmond, CEO Agate Arief Widhiyasa, CEO Kudo Albert Lucius, Chief Communication Officer Tiket.com Mikhael Gaery Undarsa.

Ini membuktikan bahwa siapa saja mempunyai peluang untuk membangun sebuah StartUp tak menutup kemungkinan dia berasal dari jurusan mana. Bahkan Anda bisa menjadi pendiri dari sebuah startup, tinggal keberanian, ide, dan tekat kuat yang bisa membuat Anda menjadi sukses dimasa dunia digital ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X