Teknologi

Aplikasi Chatting Nasional PeSanKita, Kominfo Terapkan Penggunaannya Dilikup Kementerian

 Assalamu’allakum…..

Rizensia.com – Aplikasi Chatingg di Indonesia terus berkembang dan meninggalkan budaya lama dengan menggunakan SMS dan Nelpon. Tetapi dari sekian banyak penyedia belum ada dari Indonesia, tapi mulai sekarang kita patut berbangga karena sekarang terdapat pengembang asal Indonesia yang memperkenalkan pesan Chatting mereka.

Pesan Kita atau disingkat PS meramaikan persaingan antara aplikasi pesan chatting di Indonesia. PS harus melawan WhatsApp, Line, Facebook Messenger, dan Telegram. XecureIT merupakan aktor di balik pembuatan PS. Perusahaan yang berdiri sejak 2005 lalu itu memang konsentrasi di bidang Teknologi Informasi Komunikasi, khususnya keamanan informasi. Unsur keamanan ini yang ingin diboyong ke PS.

“PeSankita Indonesia (disingkat PS) adalah aplikasi berkirim pesan yang aman, dan gratis.”

Meski tampilan Ps masih sederhana tapi kedepannya tentu akan ada perbaikan. Jika menggunakan PS pengguna terlebih dahulu harus melakukan registrasi dengan menggunakan nomor telepon. Kemudian, PS akan mengirimi kode verivfikasi lewat sms agar pengguna bisa melanjutkan registrasi dan menggunakan PS.

Fitur dari PS

Meski masih minim dengan fitur tetapi PS juga bisa diandalkan dalam mengirim file seperti mengirim file dengan format apapun, mengirim foto dan video yang resolusinya tidak compress, kemudian pengguna dapat mengaktifkan fungsi di-screen capture oleh penguna lain, pengatur waktu untuk menghapus pesan secara otomatis setelah dibaca oleh penerima.

Masalah Keamanan

Untuk keamanan Ps menawarkan fitur keamanan pada PS grup yang membedakan hak antara Pemilik (Pembuat) Grup, Administrator Grup, dan Anggota Grup, enkripsi (pengacak) pesan yang menyeluruh, termasuk pesan dalam grup.

Sehingga isi pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima pesan. Selain itu, isi pesan yang dikirim online, diproses dalam server dan disimpan dalam basis data di ponsel, seluruhnya dienkripsi dengan kunci milik pengguna.

Masalah Tampilan PS

Di PS kita hanya bisa mengganti tampilan latar chatting saja yang bisa diubah sesuai keinginan. Caranya masuk ke ‘konfigurasi’ lalu pilih penampilan dan klik ‘Tema’. Ada warna, yaitu putih dan hitam.

Pemerintah Dukung Pesan Chating Nasional

Menkominfo mendukung perkembangan dari Aplikasi Chatting Nasional, dengan menerapkan peraturan penggunaan aplikasi Chatting Nasional di lingkup Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Selama menjajal aplikasi lokal, khususnya PS, Menkominfo mengapresiasi pesaing WhatsApp dkk ini.

“Sejauh ini oke,” komentarnya kepada detikINET.

“Group chatting pejabat Kominfo juga mulai menggunakan aplikasi nasional manapun. Mungkin belum sempurna, namun kita jugalah yang harus berpartisipasi untuk menyempurnakannya,” kata Rudiantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X