Teknologi

Ikut Indosat Keluar Dari Bisnis E-commerce, XL Axiata Lepas Saham Elevenia

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Langkah Indosat yang keluar dari bisnis E-commerce dengan menutup situs Cipika, ternyata juga telah menjangkit ke Operator XL Axiata. Dimana saham yang dimiliki oleh XL di situs Elevenia dilepas ke anak perusahaan Salim Group.

Seperti yang diberitakan Anak Usaha Axiata ini telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement/CSPA) untuk melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT XL Planet yang menaungi marketplace elevenia, termasuk juga seluruh saham dari SK Planet Global Holdings Pte. Ltd. (SK Planet), kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd. Sehingga Group Salim menguasai 100% saham dari Elevenia.

Dengan langkah yang diambil oleh XL Axiata menjadikan operator itu semakin fokus kepada bisnis layanan data da  menjadi pemimpin pasar penyedia layanan mobile data di Indonesia. XL Axiata juga ingin memperkecil kerugian yang diakibatkan oleh bisnis Elevenia, dan memberikan keuntungan bagi para pemegang saham.

“Keputusan ini kami ambil melalui perhitungan yang cermat terhadap berbagai opsi yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan, Hal ini memungkinkan kami untuk lebih fokus sebagai penyedia jasa layanan telekomunikasi data, sedangkan dukungan terhadap industri eCommerce akan tetap kami lakukan melalui fitur-fitur digital di layanan data yang kami sediakan untuk pelanggan,” kata President Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini dalam keterangan resminya, Kamis (24/8).

Menurutnya, sektor eCommerce telah tumbuh sangat pesat dengan terlalu banyak pemain, kompetisi yang ketat akhirnya mendorong sektor ini ke dalam model bisnis dengan investasi besar. Pendatang baru dari pemain besar yang didukung oleh investor raksasa telah menyebabkan kompetisi yang semakin keras dan jurang ketidakpastian yang semakin dalam terhadap tercapainya profitabilitas.

XL Axiata memiliki 50% saham kepemilikan di elevenia, sama dengan yang dimiliki oleh SK Planet. Kesepakatan CSPA ini berlaku untuk pengalihan saham yang dimiliki oleh XL Axiata dan SK Planet. Transaksi ini diharapkan selesai pada paruh kedua tahun ini setelah terpenuhinya kondisi-kondisi yang dipersyaratkan dan diperolehnya persetujuan dari beberapa instansi terkait.

Sebelumnya, Dian mengakui ada beberapa kajian dalam mempertahankan elevenia agar tetap bisa bertarung di pasar eCommerce nasional. Salah satunya adalah mencari investor strategis.

Tentu dengan langkah ini juga semakin memperbaiki Elevenia kedepannya dalam bertarung didunia E-Commerce yang semakin sengit. (Refrensi Indotelko/rz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X