Teknologi

Respon XL Axiata Ketika SK Planet Keluar Dari Elevenia

ELEVENIA DIAKUSISI

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Situs online hasil kerja sama antara XL Axiata bersama SK Planet dari Korea Selatan Elevenia kini menjadi sorotan media. Karena SK Planet anak perusahaan dari SK Telekom ini akan menarik diri dari pasar Indonesia. Seperti dikutip dari situs berita pulse korea selatan, SK Planet Co, operator platform e-commerce Korea Selatan 11st.com, telah mulai merampingkan operasinya diluar negeri.

Hal tersebut dimulai dengan Indonesia di tengah pembicaraan yang sedang berlangsung antara raksasa ritel Korea Lotte Group untuk menjalin kemitraan dalam e-commerce.

SK Planet memutuskan untuk menarik diri dari Indonesia dengan menjual 50 persen sahamnya di situs online joint-venture Elevenia kepada konglomerat ritel terbesar di Indonesia, Salim Group.

Salim Group sendiri baru-baru ini telah bermitra dengan mitranya dari Korea Lotte untuk sebuah proyek terpisah. Bisnis e-commerce di indonesia.

Lalu apa tanggapan XL Axiata tentang hal ini, dikutip dari Bisnis.com, Ketika dimintai konfirmasi, pihak XL enggan memberi tanggapan terkait kabar tersebut. Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini tak memberi tanggapan apapun ketika diminta keterangan. Sementara itu, Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya juga enggan berkomentar lebih rinci.

“Kami tidak bisa memberikan komentar untuk hal ini,” ujar Yessie kepada Bisnis , Rabu (23/8/2017).

Alasan SK Planet Keluar Dari Elevenia

Alasan utama SK Planet keluar dari Elevenia adalah karena sistem industri seperti online shop yang belum bisa mandiri dan menghasilkan keuntungan. Sehingga SK Planet memutuskan langkah yang terbaik adalah menutup bisni kehilangan uang yang berada di luar negeri untuk fokus pada menopang bisnis domestik. 

Nantinya tak hanya Indonesia, SK Planet juga akan keluar dari Malaysia di antara tiga pasar luar negeri termasuk Thailand dan Turki.

Diluncurkan pada tahun 2014, Elevenia didirikan oleh perusahaan Telkomunikasi PT XL Axiata dalam usaha patungan 50-50 dengan SK Planet, unit operator nirkabel utama mikik Korea SK Telecom. SK Planet menginvestasikan $44,2 juta untuk membuat perusahan patungan tersebut (XL Planet).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X