Teknologi

Melawan Penyalagunaan SIM Card, 2018 Pelanggan Hanya Bisa Miliki 3 Nomor Ponsel

Pembatasan Penggunaan Nomor Ponsel. Foto via kreasitekno
Pembatasan Penggunaan Nomor Ponsel. Foto via kreasitekno

Assalamu’allaikum…

Rizensia.com – Sepertinya langka untuk membatasi kepemilikan nomor ponsel akan mulai terealisasi, karena Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sedang mempersiapkan aturan yangakan membatasi kepemilikan nomor ponsel.

Nantinya jika peraturan ini terealisasi maka pengguna ponsel hanya boleh memiliki maksimal tiga nomor ponsel saja.

Dikutip dari Suara.com, “Nantinya proses registrasi untuk satu operator yang dilakukan sendiri maksimal hanya boleh sampai tiga nomor. Kalau ingin lebih (nomornya), harus datang langsung ke gerai mereka, jadi tidak bisa seenaknya gonta-ganti nomor,” kata Komisioner BRTI Agung Harsoyo kepada awak media usai seminar nasional bertajuk “Menagih Langkah Nyata Industri Telekomunikasi dan OTT Hadapi Konten Negatif” di Jakarta, Senin (28/8/2017).

Bahkan nantinya nomor ponsel akan terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), sehingga secara tidak langsung regristrasi akan lebih ketat.

“Nantinya operator telekomunikasi harus punya link khusus ke Dukcapil. Jadi setiap ada pelanggan baru yang melakukan registrasi, proses validasi langsung terhubung ke sistem Dukcapil,” ungkapnya.

Tujuan Untuk Mengurangi Tindakan Penyalagunaan SIM Card

Tujuan  dari di berlakukan peraturan ini untuk mengurangi tindakan penyalahgunaan kartu SIM ponsel yang kerap dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Rencananya, aturan ini akan mulai dijalankan melalui Peraturan Menteri. Jika tidak ada halangan, aturan ini mulai berlaku Februari 2018.

“Tentunya bakal ada proses transisi. Kita juga akan sosialisasi ke masyarakat dan operator telekomunikasi selama,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X