Teknologi

Kenapa SK Planet Jual Saham Elevenia Ke Salim Group? Ini Alasanya

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Kabar mengejutkan datang dari e-commerce Indonesia, sebelumnya kita dikagetkan dengan transaksi besar yang dilakukan oleh Tokopedia bersama Alibaba Group. Sekarang Elevenia yang menjadi sorotan, karena perusahaan yang dibuat oleh XL Axiata dan SK Planet ini dirumorkan telah diakusisi oleh Group Salim.

Group Salim dirumorkan membeli saham yang dimiliki oleh SK Planet, SK Planet sendiri memilih untuk keluar dari pasar Indonesia karena ingin fokus kebisnisnya di Korea Selatan. 

SK Planet sendiri diisukan akan menjual sahamnya kepada Lotte Group demi memperkuat posisi mereka di pasar Korea Selatan. 

Seperti yang diberitakan pulsenews, SK Planet sedang dalam pembicaraan dengan Lotte Group untuk penjualan saham SK Planet dan kemitraan dalam menjalankan serta memperluas bisnis belanja online. 

Nantinya dari hasil kemitraan ini akan menghasilkan Entitas gabungan yang mana bisa menjadi pemain dominan di pasar perdagangan online Korea Selatan. 

Saat ini situs belanja milik SK Planet 11st.com dan Lotte masing-masing menguasai nilai transaksi sekitar 8 triliun won korea per pertahunnya. Kemudian untuk kerugian operasional sekitar 200 miliar won tahun lalu. Untuk Lotte tidak diketahui berapa kerugiannya.

Ternyata Salim Group Juga Telah Melakukan Kerjasama Dengan Lotte di Tahun 2016

Rumor yang beredar Group Salim akan mengambil alih saham dari SK Planet di Elevenia. Sepertinya itu akan menjadi kenyataan, Group Salim sendiri mempunyai ambisi dimana ingin melebarkan sayap ke sektor e-commerce.

Dikutip dari SocialDaily Berdasarkan pemberitaan media Korea Selatan (22/2/2017), Chairman Lotte Group Shin Dong-bin dan Chairman Salim Group Anthoni Salim telah sepakat melahirkan bisnis baru melalui JV yang akan terjun di industri e-commerce. Di bulan September lalu, Anthoni bulan September lalu memang menegaskan rencana Salim Group memasuki pasar e-commerce Indonesia, seperti halnya sejumlah konglomerat lain, dan kemitraan dengan Lotte menjadi realisasinya.

Dari hasil kerja sama tersebut, mereka mempunyai target tinggi dengan memanfaatkan kekuatan Group Salim dan Lotte Group. 

Sejauh ini Lotte tercatat memiliki satu department store, 41 toko ritel, 31 franchise restoran cepat saji, dan lainnya di Indonesia. Sementara Salim Group memiliki cabang bisnis yang beragam seperti pangan, infrastruktur, logistik, telekomunikasi, media, dan real estate. Salim juga memiliki 11.000 gerai Indomaret yang akan menjadi bagian rencana besar solusi platform e-commerce masa depan ini.

Melalui Indomaret, nampaknya kedua belah pihak akan mengimplementasikan konsep O2O (online-to-offline) yang terintegrasi dengan seluruh toko ritel Lotte dan memperkenalkan jajaran produk terbaik dan terbaru melalui platform e-commerce tersebut.

Alasan yang mendasar kenapa Group Salim diisukan akusisi Elevenia adalah Lotte mempunyai kedekatan yang telah dibangun bersama Group Salim sendiri dan baru-baru ini dengan SK Planet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X